Recall Wuling di Cina Tak Berpengaruh di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 6 Desember 2017 16:58 WIB
Wuling Cortez atau Baojun 730 menurut rencana akan diperkenalkan pada awal tahun 2018 di Indonesia. (gmchina.com)
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Wuling Motors Cina, perusahaan patungan dari SAIC-General Motors dan Wuling Automobile dikabarkan akan menarik sebanyak 938.686 unit Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti dilansir Reuters, Jumat 1 Desember 2017. Penarikan tersebut diduga setelah terjadi masalah pada tangki bahan bakar menurut Badan Pengawas Kualitas Produk di Cina.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani mengatakan bahwa recall di Cina sama sekali tidak berdampak pada produk Wuling di Indonesia. "Karena memang produknya (Baojun atau Wuling Cortez) belum ada di Indonesia," kata Dian kepada Tempo di Jakarta, Rabu, 6 November 2017.

Baca: Wuling Menarik 938 Ribu Unit Produk MPV, Inilah Penyebabnya

Menurut Dian, recall atau penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan sebetulnya langkah bagus untuk konsumen. Karena langkah itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab agen pemegang merek untuk memberikan jaminan perbaikan dan keselamatan untuk pelanggan. Wuling Cortez sendiri baru akan diluncurkan di kuartal pertama tahun depan di Indonesia.

Di Cina, penarikan kembali untuk perbaikan atau recall terhadap 938.686 itu ditujukan untuk dua model mobil Baojun, MPV yang populer di negeri Tirai Bambu dengan penjualan lebih dari 2 juta unit pada tahun lalu. Di sisi lain, pihak GM belum memberikan komentar terkait masalah ini.

Simak: Wuling Cortez, Penantang Toyota Kijang Innova Sudah Bisa Dipesan

Pada tahun ini terjadi sejumlah recall dalam jumlah besar atas produk roda empat di Cina, yang menjadi pasar mobil terbesar di dunia.

Badan Pengawas Kualitas Cina mengatakan pada September, GM dan perusahaan Cina akan menarik lebih dari 2,5 juta kendaraan karena masalah kantong udara. Recall itu menyusul penarikan terhadap 4,86 juta kendaraan serupa oleh Volkswagen dan perusahaan patungannya di Cina.

GM memproduksi kendaraan di Cina melalui usaha patungan bersama SAIC--yang menjadi produsen mobil terbesar di negara itu--serta usaha tiga arah untuk membangun mobil listrik yang disebut Wuling Baojun E100 guna memenuhi kuota kendaraan energi baru di Cina.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi