Januari-Oktober, Toyota Indonesia Ekspor 61,6 Juta Komponen Mobil
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 7 Desember 2017 20:38 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan mobil di pabrik Karawang 1 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Jawa Barat, 26 Januari 2016. Pabrik ini memproduksi Kijang Innova serta Fortuner dengan kapasitas mencapai 130.000 unit pertahun atau setara 1,8 menit untuk memporduksi satu mobil. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Ekspor komponen otomotif PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) naik 7,2 persen sepajang tahun ini, hingga Oktober dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Perusahaan membukukan pengiriman komponen untuk keperluan pembuatan mobil sebanyak 61,67 juta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Venezuela dan Filipina menjadi negara tujuan ekspor yang mencatat pertumbuhan tertinggi. Secara berurutan pengeriman ke kedua negara naik 189 persen dan 77,8 persen.

Baca: Kuartal I, Toyota Indonesia Ekspor 49.300 Unit Mobil

Sementara itu Thailand dan Brazil adalah pengguna komponen lokal paling banyak. Kedua negara menyumbang sebanyak 37,61 persen dan 20,87 persen dari capaian ekspor komponen tahun ini. Kontribusi ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Bob Azzam, Direktur Administrasi, Corporate & External Affairs TMMIN mengatakan bahwa kenaikan tersebut ditunjang oleh meningkatnya penggunaan komponen lokal untuk produksi otomotif dalam negeri. “Indonesia sekarang based production lokalisasinya meningkat, otomatis ekspor komponen meningkat,” katanya kepada Bisnis, Kamis, 7 Desember 2017.

Simak: TMMIN Ekspor Toyota Sienta Euro 6 ke Singapura

Saat ini TMMIN mengklaim sudah menggunakan 85 persen komponen dalam negeri. Sebanyak 60 persen di antaranya sudah true local content.

Istilah true local content digunakan untuk komponen lokal otomotif yang seluruhnya menggunakan kandungan lokal. Beberapa suku cadang mobil saat ini sudah diproduksi di dalam negeri, tetapi bahan mentah masih ketergantungan dari negara lain.

Adapun perusahaan yang bertanggung jawab merakit Toyota di Tanah Air ini berkontribusi sebanyak 97,43 persen dari total capaian ekspor tahun ini. Sebanyak 48,47 persen komponen Toyota yang dikirim adalah suku cadang model-model dengan platform IMV. Platform ini digunakan untuk produksi 5 model, yaitu 3 seri Hilux, Kijang Innova, dan Fortuner.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi