Simak Cara menghilangkan Bau Apek di Dalam Mobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Rabu, 24 April 2019 14:39 WIB
Kabin penuh dengan fitur berteknologi tinggi yang mudah digunakan. Sistem infotaimen -audio, navigasi, mobile phone dan fitur lain- ditampilkan dalam satu layar 5 tau 7 inchi, yang semua dapat dikontrol dari tombol-tombol di stir mobil atau dari bawah layar. autocar.co.uk
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -Bau tidak sedap di dalam mobil pastinya dapat mengurangi kualitas kenyamanan berkendara Anda. Pastinya dapat membuat resah bagi mereka juga. Efek dari bau tidak nyaman ini misalnya seperti bau asap rokok, dapat mempengaruhi faktor kesehatan Anda. Tingkat bau yang sudah terlalu tajam dapat melekat pada plafon, jok dan karpet. Nah bagaimana menghilangkan bau – bau yang tidak sehat ini, ikuti tips berikut ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Helm Anda Bau Apek, Begini Cara Mengatasinya

Jamur atau lumut.

Disarankan untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada mobil Anda, karena penting sekali mencegah agar air tidak masuk ke dalam mobil. Apabila kebocoran tidak ditemukan, kemungkinan lumut atau jamur yang tumbuh dapat disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk, tumpahan minuman atau air yang menetes dari sepatu atau benda – benda lain yang basah dan ditinggalkan di mobil. Hal tersebut dapat menimbulkan bau tidak sedap oleh pertumbuhan lumut,dan sebaiknya segera di semprotkan oleh produk pembersih seperti lysol. Setelah itu dikeringkan segera dengan lap kering.

Bersihkan sampah.

Terlebih dahulu bersihkan debu dan sampah yang melekat pada bagian jok dan karpet di mobil Anda dengan vaccum cleaner. Sebaiknya sebelum karpet atau plafon di vaccum, taburkan bedak karpet atau foam carpet, dengan demikian kotoran dapat menyerap secara maksimal, serta menimbulkan efek bau segar setelah itu. Apabila kantong kotoran pada vacum sudah penuh kotoran, diganti dengan yang baru, agar kotoran dapat tersedot secara optimal. Setelah itu lengkapi di dalam mobil dengan tempat sampah.

Gunakan penghilang bau.

Menghilangkan bau seperti asap nikotin secara optimal. Anda dapat membersihkan pada bagian karpet dengan pembersih karpet foam.Caranya adalah dengan menyemprotkan foam ini ke bagian tersebut, diamkan hingga 30 detik. Agar bau dapat hilang secara maksimal, keringkan dengan sikat halus agar tidak merusak permukaannya, serta membuka pintu mobil selama 2 jam, supaya bau dapat hilang dengan secara maksimal.

Baca: Ini yang Harus Diperiksa Ketika AC Mobil Mulai Tak Dingin

Lapisi dengan karpet yang tebal.

Mencegah timbulnya bau tidak sedap pada bagian karpet, sebaiknya lapisi bagian tersebut dengan karpet tebal. Fungsi dari karpet tebal dapat mencegah air atau tanah melekat pada bagian ini. Harga karpet berkualitas ini berkisar hingga diatas 1 juta rupiah.

Gunakan biji atau bubuk kopi.

Untuk menghilangkan bau apek di dalam mobil, gunakan bubuk kopi yang diletakkan dalam kabin agar bau kabin bisa netral kembali. Agar hilang baunya bisa maksimal, sebaiknya diamkan biji kopi ini di dalamnya dua hingga tiga hari di dalam mobil. Terutama aroma biji kopi panggang bisa menyerap elemen udara yang mengandung bau tak sedap. Bagi yang malas untuk memanggang, pemakaian kopi bubuk dalam piring pun juga bisa mengatasinya, meski hasilnya tak sekuat menggunakan biji kopi. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi