ZF LIFETEC Riset Airbag Berbeda Ukuran Sesuai Posisi Duduk
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 20 Juni 2024 11:00 WIB
ZF LIFETEC teliti airbag dengan dua tekanan angin berbeda sesuai posisi duduk. (Foto: ZF LIFETEC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaZF LIFETEC telah mengembangkan kantung udara kontur ganda untuk sisi penumpang, yang dapat mengembang dalam dua ukuran berbeda, tergantung posisi tempat duduk. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, ZF LIFETEC juga mengembangkan kantung udara kontur ganda di sisi pengemudi untuk masa depan kendaraan separuh atau sepenuhnya otomatis.

Berkendara otomatis tingkat 3 dapat dilakukan di lebih banyak kendaraan dan disetujui di lebih banyak negara. Pengemudi dapat meninggalkan lalu lintas ketika sistem diaktifkan - asalkan mereka dapat mengambil kembali kendali kendaraan kapan saja jika diminta. 

Sedangkan pengendaraan yang sepenuhnya otomatis di Level 4, pembatasan ini dapat dihilangkan jika kendaraan menempuh bagian tertentu dari rute tersebut sepenuhnya secara mandiri. 

Pengemudi juga akan dapat mengubah posisi kursi dan sudut sandaran ke posisi duduk yang sedikit lebih nyaman jika sistem kendali otomatis mengambil alih tugas mengemudi.

“Tujuan kami adalah memastikan bahwa penumpang dengan posisi duduk yang nyaman juga menikmati setidaknya standar keselamatan yang sama dengan yang biasa mereka dapatkan dalam berkendara otomatis,” kata Harald Lutz, Head of Development ZF LIFETEC.

Uji tabrak menunjukkan bahwa jika tabrakan dari depan terjadi saat penumpang depan berada pada posisi kursi yang nyaman - sudut sandaran sekitar 40 derajat - kombinasi klasik sabuk pengaman dan kantung udara mungkin tidak lagi memberikan perlindungan optimal bagi penumpang. 

Dalam posisi ini, jarak antara kantung udara yang menggembung dan penumpang terlalu jauh untuk memberikan bantalan dan penahan penumpang secara optimal. Penting untuk diperhatikan bahwa sudut 90 derajat dari sandaran ke permukaan tempat duduk didefinisikan sebagai 0 dalam spesifikasi sandaran ini — artinya posisi duduk normal adalah sekitar 20 derajat. 

Sehubungan dengan pengemudian otomatis, diperlukan solusi yang menawarkan tingkat keselamatan tinggi untuk kedua posisi. Inilah ide dibalik dual contour airbag. Sederhananya, solusinya berupa airbag yang didesain untuk posisi duduk standar yang juga bisa diperbesar saat penumpang berada pada posisi duduk yang nyaman.

Selama pengembangan, ZF LIFETEC memanfaatkan pengalaman yang diperoleh dari pengembangan airbag penumpang kontur ganda, yang akan siap diterapkan tahun ini. Airbag pengemudi baru juga menawarkan dua tahap, yang diperpanjang tergantung pada apakah orang di belakang kemudi berada dalam posisi duduk tegak atau nyaman. Fungsi dua tahap dapat diatur melalui unit kontrol yang mengaktifkan sistem pengikat tas-bantalan. Penambatan ini terhubung ke unit pelepas aktif, yang melepaskannya sesuai kebutuhan.

Pilihan Editor: BMW X3 Terbaru Dirilis, Ada Varian Powertrain PHEV

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi