Rifat Sungkar Janjikan Sirkuit Drag Race Pertama di Indonesia, Dibangun Agustus 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 24 Juni 2024 08:00 WIB
Rifat Sungkar. (Gooto/Dicky)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Rifat Sungkar berjanji untuk membangun sirkuit drag race pertama di Indonesia. Dia mengatakan bahwa ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan sirkuit drag ini akan dimulai pada Agustus 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya berjanji, rencana kami di bulan kemerdekaan, kami akan memulai pembangunan sirkuit drag race pertama di Indonesia," kata Rifat saat ditemui di Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2024.

"Untuk pembangunannya mudah-mudahan di bulan kemerdekaan Indonesia, kami mau coba melakukan peletakan batu pertama. Mudah-mudahan dapat dukungan dari berbagai pihak dari stakeholder dan juga tentunya kalau pengalaman saya, saya sempat mengadakan acara street race bersama kepolisian, bisa didukung juga oleh kepolisian karena inilah solusi bersama yang sangat baik," tambah dia.

Menurut Rifat, keinginannya untuk membangun sirkuit drag ini berangkat dari cita-cita almarhum ayahnya, Helmy Sungkar, yang ingin memiliki lintasan balap trek lurus permanen. Sebab, sirkuit itu diharapkan bisa menampung segala antusiasme penggemar motorsport di Indonesia, khusus para pecinta drag race.

"Itu bukan hanya cita-cita saya pribadi, tapi saya juga dapat amanat dari bapak saya, cita-cita beliau ingin banget punya lokasi drag race permanen. Karena selama puluhan tahun kita tahu betapa besarnya antusiasme penggemar motor sport ini, tetapi di sisi lain juga mereka tidak pernah punya merasakan fasilitas yang tepat," ucapnya.

Rifat mengatakan bahwa pembangunan sirkuit drag race ini murni inisiatifnya pribadi dan akan bekerja sama bersama sejumlah pihak rekanan. Terkait standarisasi sirkuitnya, Rifat akan menggandeng IMI.

"(Harapannya) ini bisa dinikmati semua orang, akan transparan, biaya sewa yang tidak fluktuatif, semuanya akan terbuka, karena saya mau ini juga ada manfaat besarnya untuk masyarakat Indonesia," ujar Rifat.

Terkait lokasi sirkuit drag ini, Rifat masih enggan mengungkapkannya. Namun, dia mengatakan bahwa lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta. "Mungkin dari tengah Jakarta, itu satu jam saja," katanya.

Rifat juga belum mengungkapkan kapan sirkuit ini akan rampung dibangun. Namun, dia berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak agar pembangunan sirkuit ini bisa sukses dan cepat selesai.

Pilihan Editor: Verstappen Juara F1 Spanyol 2024, Lando Norris Runner-up Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi