Rifat Sungkar: Pembangunan Sirkuit Drag Race Bisa Kurangi Balap Liar
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 24 Juni 2024 15:00 WIB
Seorang pembalap mengendarai motornya dalam ajang Dragbike Championship 2012 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, (15/12). Finalis dalam ajang Ajang balap ini akan dikirim ke seri Drag Race Thailand. Tempo/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Rifat Sungkar menjelaskan rencananya untuk membangun sirkuit drag race pertama di tanah air. Peletakan batu pertama pembangunan sirkuit ini dijadwalkan berlangsung pada Agustus 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rifat mengatakan bahwa pembangunan sirkuit ini diharapkan bisa menanggulangi balapan liar di jalan raya. Sebab, menurutnya, sudah terlalu banyak kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak di bawah umur dari balapan liar.

"Kita percaya ini bisa menanggulangi trek-trekan di jalan raya, karena terlalu banyak kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak kecil yang balapan di jalan," kata Rifat saat ditemui di Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2024.

Rifat juga mengungkapkan juga sudah banyak pembalap drag Indonesia yang berprestasi di luar negeri, meskipun belum memiliki wadah dan lokasi balap yang mumpuni. Selain itu, antusiasme penggemar motorsport di Indonesia juga sangat besar, namun tidak pernah mendapatkan fasilitas yang tepat.

"Saya angkat jempol banget untuk seluruh dragster Indonesia yang bertanding di luar negeri. Kita memang belum bisa secepat mereka, tapi begitu saya datang ke sana fasilitas mereka mungkin 5 sampai 10 kali lipat lebih baik daripada kita, dan kita punya waktu yang hampir serupa dengan mereka," ucapnya.

Pembangunan sirkuit ini diharapkan bisa membuka kesempatan yang lebih baik bagi dragster Indonesia, serta menciptakan unsur keselamatan yang lebih tinggi dalam hal balapan trek lurus ini. Harapan lain tentunya pembalap Indonesia bisa lebih cepat dibanding pembalap negara lain ketika sirkuit ini terealisasi.

"Karena Indonesia itu lebih kreatif jauh, hebat kita bisa sama dengan mereka. Mereka punya semuanya, kita enggak punya apa-apa, tapi waktunya mirip-mirip. Kalau kita punya semuanya, kita harus bisa lebih kencang dari mereka," ujar Rifat memungkasi.

Belum ada informasi pasti soal lokasi sirkuit drag race pertama di Indonesia ini. Namun, Rifat membocorkan bahwa lokasinya tidak jauh dari Kota Jakarta, sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Jakarta.

Pilihan Editor: Verstappen Juara F1 Spanyol 2024, Lando Norris Runner-up Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi