Pabrik Baterai Motor Listrik Pertama di Indonesia Diresmikan di Tangerang
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 26 Juni 2024 06:00 WIB
Ilustrasi baterai motor listrik. ANTARA/Agha Yuninda
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDMM) meresmikan pabrik baterai motor listrik milik PT TDL Energy Indonesia di wilayah Tangerang Banten.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pabrik ini akan memenuhi kebutuhan baterai untuk motor listrik konversi. Informasi itu disampaikan langsung oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Senda Hurmuzan Kanam.

"Pabrik ini merupakan salah satu langkah atau milestone dalam upaya kami, setelah lebih dari 3 tahun mengembangkan program motor listrik di Indonesia," kata dia, dikutip dari Antara hari ini, Rabu, 26 Juni 2024.

Senda menjelaskan bahwa pabrik baru ini merupakan fasilitas manufaktur baterai pertama dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 20 persen. Nilai TKDN ini diharapkan terus meningkat dalam tahun-tahun mendatang.

"Ini pabrik baterai pertama dengan TKDN tertinggi. Kami berharap tahun depan TKDN-nya bisa meningkat menjadi 27 persen," ujarnya.

Presiden Direktur PT TDL Energy Indonesia Jack Kim mengatakan bahwa dengan beroperasinya pabrik baterai ini, diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung program konversi motor listrik yang tengah digalakkan oleh Pemerintah Indonesia. Pada akhirnya, tujuannya adalah bisa mencapai target nol emisi atau net zero emission pada 2060.

"Kami menyiapkan fondasi untuk mendukung Indonesia menjadi negara model di Asia, di global, dalam mencapai NZE (net zero emission," ujar Kim.

Dilansir dari laman Reuters, TDL menggelontorkan dana sekitar US$ 200 juta atau setara Rp 3,2 triliun untuk investasinya di Indonesia hingga 2030. Dana ini akan dialokasikan untuk memproduksi baterai motor listrik dan sistem penyimpanan energi.

Pilihan Editor: Susul Jorge Martin, Marco Bezzecchi Gabung Aprilia Racing di MotoGP 2025

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi