Ini Kendala Pembalap Scuderia Ferrari HP di Kualifikasi F1 Inggris 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 7 Juli 2024 09:00 WIB
Carlos Sainz Jr. di F1 Inggris 2024. (Foto: Scuderia Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDua pembalap Scuderia Ferrari HP tak bisa menunjukkan performa kuat dari SF-24 pada sesi kualifikasi F1 Inggris 2024, Sabtu, 6 Juli. Kondisi lintasan yang tiba-tiba basah terguyur hujan dan mengering membuat strategi penggunaan ban jadi membingungkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hasil akhir kualifikasi, Carlos Sainz Jr. berada di posisi tujuh dengan waktu 1:26,509 detik, sedangkan Charles Leclerc akan start dari posisi sebelas setelah hanya meraih catatan waktu 1:27,097 detik.

“Saya sudah mengerahkan segenap kemampuan saya, tetapi kami tahu Silverstone akan menjadi lintasan yang sulit bagi kami. Kondisinya juga sangat sulit sehingga kualifikasi hari ini menjadi lebih menantang,” ujar Carlos Sainz Jr. 

Dirinya mengungkapkan tim Scuderia Ferrari HP terlalu terburu-buru tim melepas mobil, karena harus antrean di pit membuat kondisi suhu ban turun drastis ketika lakukan putaran terakhir.

“Putaran keluarnya berantakan, berebut posisi dengan mobil lain, dan ban tidak dalam posisi yang tepat sebelum putaran terakhir. Bagaimanapun, kami harus terus berusaha untuk mencoba dan memperkecil jarak karena performa kami secara keseluruhan tidak bagus,” ungkap Carlos Sainz Jr. 

Sementara itu Charles Leclerc mengungkapkan bahwa sesi kualifikasi kali ini tidak semudah dibayangkan dengan kondisi cuaca menjadi kekhawatiran tim dan pembalap.

“Kami melakukan hal yang benar dengan membagi konfigurasi di antara mobil-mobil kami kemarin dan kami memperoleh wawasan berharga yang akan bermanfaat dalam jangka panjang. Namun, dengan berfokus pada pengujian ini, Anda mungkin tidak mengoptimalkan akhir pekan Anda secara keseluruhan dan itulah yang terjadi hari ini di babak kualifikasi,” yakin Charles Leclerc.

Atas kekecewaan kedua pembalap, Frederic Vasseur selaku Team Principal Scuderia Ferrari HP angkat bicara.

“Saya rasa hari ini kami tidak melakukan kualifikasi dengan cukup baik dan itu berarti kami tidak dapat melakukan semuanya dengan baik. Kami memutuskan untuk beralih ke spek lama untuk hari ini karena ada lebih banyak pantulan dengan spek baru dan dengan tikungan berkecepatan tinggi yang kami miliki di Silverstone, kompensasi pemasangan komponen baru tidak cukup positif,” beber Frederic Vasseur.

Ditambahkan lagi oleh Frederic Vasseur, “Mengenai balapan, saya rasa mengingat posisi grid kami, jika hujan maka balapan mungkin akan lebih kacau dan itu lebih cocok bagi kami daripada sore yang kering. Kami perlu menyusun strategi dan melaksanakan balapan dengan sempurna jika kami ingin membawa pulang poin yang lumayan.”

Pilihan Editor: George Russell Raih Pole di F1 Inggris, Verstappen Gagal Tembus 3 Besar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi