Persiapan MotoGP Mandalika Dibagi 2, Tak Perlu Perbaikan Aspal
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 30 Juli 2024 16:00 WIB
Sirkuit Mandalika. (Gooto/Rafif Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memberikan informasi mengenai persiapan MotoGP Mandalika 2024, yang akan berlangsung pada 29 September mendatang. Nantinya persiapan Sirkuit Mandalika bakal dibagi menjadi dua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama MGPA Priandhi Satria saat hadir dalam acara balap motor Asia Road Racing Championship atau ARRC Mandalika pada akhir pekan kemarin. Menurut dia, dua persiapan itu adalah race related dan non-race related.

"Kalau race related itu segala sesuatu yang ada dari penonton sampai paddock. Jadi dalamnya ada service road, barier, kemudian gravel, sirkuit, pit lane, hingga paddock garage dan paddocknya sendiri," kata dia saat ditemui di Sirkuit Mandalika.

"Persiapan ini kita sudah sering lakukan kegiatan track day, Yamaha bLU cRU, dan Asia Road Racing, jadi kegiatan-kegiatan itu kita jadikan persiapan. Kita memeriksa digital flag, CCTV dan starting board. Aspal dan gravel juga rutin kita kerjakan," tambah dia.

Sementara itu, Priandhi menjelaskan bahwa persiapan non-race itu terkait dengan keramaian penunjang jalannya balap, seperti paddock cafe, UMKM, hingga sesuatu yang berkaitan dengan keramaian. Ia mengatakan bahwa persiapan Sirkuit Mandalika jelang MotoGP, berjalan lancar.

"Ini sedang kita negosiasikan dengan Dorna, karena menyangkut keinginan dan kenyamanan mereka juga. Jadi traffic flow-nya seperti ini, kalau traffic flow-nya seperti ini, kita harus mengubah layout paddock, dan layout UMKM. Tapi semuanya berjalan dengan lancar. Karena sejak tiga bulan lalu, kita sudah korespodensi setiap hari dengan Dorna," jelas dia.

"Jadi gambar ini kita submit ke mereka, mereka tidak setuju, menyarankan yang lain, (lalu) gambarnya kita ubah, kita tanya vendornya bisa gak tendanya ukuran segini," sambungnya.

Lebih lanjut Priandhi juga menjelaskan, dalam persiapan MotoGP Mandalika 2024, perbaikan aspal tidak perlu dilakukan lagi. Karena menurut dia, aspal Sirkuit Mandalika masih dalam keadaan bagus sejak diperbaiki pada 2022 lalu.

"Kalau persiapan sih berjalan dan tidak akan selesai di hari Senin pada minggu balap tersebut. Tidak ada (perbaikan aspal). Aspal sudah bagus. Terakhir di 2022 (perbaikan), sampai hari ini tidak ada kerusakan. Jadi aspalnya tetap sama," ucap dia.

"Beautifikasi kita lakukan pengecetan di sisi kerb, merahnya sudah satu tahun, beberapa warna sudah pudar, jadi akan kita cat ulang," tutup Priandhi.

Pilihan Editor: Daftar Mobil Baru yang Rilis di GIIAS 2024, GR Yaris hingga Triton

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi