Awas Mobil Bergetar Saat RPM Rendah, Ternyata Ini Penyebabnya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 4 Agustus 2024 17:00 WIB
Ilustrasi kabin mobil. Waterdefence
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketika berkendara memakai mobil, terdapat berbagai kondisi yang perlu diwaspadai. Misalnya, jika mobil bergetar ketika berada pada RPM rendah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski dalam tahap tertentu getaran tersebut wajar, namun jika sudah terasa sampai kabin, maka perlu dipertanyakan apakah mobil baik-baik saja atau ada masalah.

Oleh karena itu, mari ketahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan mobil bergetar pada RPM yang rendah. Dilansir dari laman resmi Suzuki, terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan mobil bergetar, antara lain sebagai berikut:

1. Ada Bagian yang Tersumbat di Injektor Mesin

Bagian injektor memiliki fungsi penting untuk menyemprotkan bahan bakar, sehingga akan naik ke bagian intake manifold dan langsung masuk ke mesin mobil. Namun, jika injektor tersumbat atau bahkan rusak, maka hal ini bisa menyebabkan pergerakan mobil jadi terhambat.

Dampaknya, mobil menjadi bergetar dengan lebih kencang, bahkan bisa terasa hingga bagian kursi penumpang atau bagian kabin. Ketika mesin belum lama dihidupkan dan belum melepas kopling pun getaran ini sudah terasa. 

2. Ausnya Bagian Sambungan Propeller

Mobil yang bergetar tidak wajar ketika RPM rendah bisa disebabkan karena masalah di bagian sambungan propeller, atau universal joint. Jika sambungan tersebut sudah aus, maka perlu segera diganti supaya mobil tidak lagi bergetar terlalu keras.

3. Kampas Kopling Mobil Aus

Kampas kopling merupakan komponen yang perlu diganti secara rutin. Karena jika sudah mulai aus, maka dapat menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya, mobil jadi terlalu banyak mengeluarkan getaran, bahkan ketika berada di RPM rendah.

Maka dari itu, jika sudah muncul masalah ini, pastikan untuk segera ganti kopling dengan yang baru. Hal ini selanjutnya akan membuat kinerja mobil kembali normal dan bisa berkendara dengan nyaman.

4. Karet Engine Mounting Pecah

Ini adalah komponen yang berfungsi untuk membuat mesin, sehingga menyatu dengan bagian frame dan getaran bisa diredam dengan baik. Meski bisa bekerja dengan baik, namun tetap saja ini adalah komponen yang terbuat dari bahan karet, sehingga bisa mengalami kerusakan jika sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Jika sudah pecah, maka getaran mobil akan menjadi tidak normal atau terlalu kencang. 

5. Ban Mobil Bergelombang atau Tidak Rata

Ban mobil yang bergelombang atau tidak rata memang bisa menjadi penyebab berbagai masalah mobil, salah satunya membuatnya bergetar secara tidak wajar dalam RPM rendah maupun tinggi.

Biasanya, getaran ini akan lebih terasa ketika mengubah kecepatan mobil. Maka dari itu, kondisi ban memang perlu dipastikan aman sebelum berkendara.

6. Propeller Shaft Bermasalah

Fungsi dari propeller shaft adalah untuk menjadi penghubung antara roda penggerak dengan putaran mesin, sehingga inilah salah satu aspek yang membuat mobil dapat melaju sesuai kemudi.

Mobil yang masih baru biasanya memiliki putaran mesin mulus dan terasa nyaman untuk dikemudikan. Namun, jika sudah lama dipakai, bisa saja bagian propeller mengalami masalah, sehingga perlu dilakukan pengecekan rutin untuk memastikan kondisinya.

7. Batang Piston Bengkok

Penyebab lainnya dari mobil bergetar ketika RPM rendah, yakni adanya masalah di bagian batang piston, misalnya batang tersebut bengkok. Hal ini memang bukan penyebab yang umum, tapi bisa saja terjadi.

Batang piston memiliki fungsi penting untuk menghubungkan komponen piston dengan poros engkol. Ukuran dari piston nantinya akan berpengaruh terhadap volume dari silinder mesin mobil.

8. Pengaturan Komponen Internalnya Tidak Tepat

Penyebab lainnya bisa saja karena adanya ketidaksesuaian di bagian pengaturan komponen internalnya. Misalnya, jika ada kompresor di bagian silinder yang hilang, atau mengalami kebocoran.

Selain itu, bisa juga ada kebocoran di bagian koil, sehingga membuat terjadinya getaran yang tidak wajar pada mobil.

Pilihan Editor: Marc Marquez Jatuh di Sesi Latihan MotoGP Inggris 2024, Hampir Tak Lolos Q2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi