Ketahui 2 Penyebab Utama Busi Motor Gampang Mati
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 6 Agustus 2024 17:00 WIB
Ilustrasi busi. (NGK)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Motor yang sudah berumur cenderung sering mengalami masalah, terutama jika perawatan tidak dilakukan secara rutin. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah busi motor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Busi motor yang mati harus segera ditangani agar tidak menyusahkan pengendara, seperti mogok mendadak saat dikendarai. Pemilik motor juga perlu mengetahui penyebab utama busi motor menjadi cepat mati atau tidak berfungsi dengan baik.

Berikut dua penyebab utama busi motor gampang mati, dikutip dari laman Wahana Honda hari ini, Selasa, 6 Agustus 2024:

1. Kebocoran Klep

Kebocoran klep ini membuat debit bensin yang masuk ke ruang bakar menjadi tidak sesuai. Akibatnya, busi sering basah oleh bensin dan cepat rusak. Kebocoran klep harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada busi.

2. Ring Piston Lemah

Jika usia motor sudah di atas 5 tahun dan digunakan setiap hari, busi motor sering mati akibat ring piston yang lemah. Kondisi ini membuat oli mesin masuk ke dalam ruang bakar dan mengenai busi.

Jika dibiarkan, oli yang terbakar akan menjadi kerak dan menumpuk di elektroda busi. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja busi dan mempercepat usia pakainya.

Pilihan Editor: Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Capai 2.200 Unit di Semester I 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi