Kenali Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 7 Agustus 2024 15:00 WIB
Ilustrasi wajah tegang wanita saat mengemudi.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil terasa tersendat-sendat saat jalan, tentu membuat pengalaman berkendara tidak nyaman. Kejadian seperti ini cukup umum dialami oleh para pemilik mobil bila kendaraannya mengalami sebuah masalah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat pengalaman ini terjadi, tidak perlu panik. Paling mudah, pengemudi menghubungi atau membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik terpercaya. Namun bisa juga memeriksa sendiri apabila paham dalam mengutak-atik mesin mobil.

Meski begitu, tetap berhati-hati saat memeriksanya. Karena umumnya mobil yang tersendat-sendat di jalan berhubungan dengan dampak dari masalah komponen mesin.

Agar lebih paham dan bisa lebih tenang ketika menghadapi kondisi tersebut, simak ulasan penyebabnya, seperti dilansir dari laman resmi Wuling,

1. Sistem Pengapian Bermasalah

Selain itu, masalah pada sistem pengapian dapat menyebabkan mobil tersendat. Masalah ini biasanya menyebabkan gejala kurangnya tenaga pada mesin, terutama saat melewati tanjakan. Proses pembakaran yang tidak sesuai adalah salah satu dari banyak kemungkinan.

2. Sistem Bahan Bakar Bermasalah

Salah satu alasan mobil tersendat-sendat saat berkendara adalah masalah dengan sistem bahan bakar. Beberapa komponen yang harus diperiksa adalah karburator, injektor, filter, pompa, dan karburator karena yang disebutkan adalah sistem bahan bakar.

Salah satu contohnya adalah kerusakan pada bagian filter bahan bakar. Filter yang rusak atau tersumbat oleh kotoran akan menyebabkan aliran bahan bakar tersumbat.

3. Sistem Injeksi Rusak

Sistem injeksi bisa terjadi masuk angin ketika udara atau angin masuk ke saluran bahan bakar. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mobil nyendat atau brebet pada kecepatan rendah.

Jika udara atau angin masuk ke sistem pembakaran bahan bakar, akan terbentuk gelembung udara, yang menyebabkan tekanan bahan bakar yang tidak stabil.

4. Sensor Mengalami Kerusakan

Masalah atau kerusakan pada sistem sensor unit kontrol elektronik (ECU) dapat menyebabkan mobil tersendat-sendat di RPM rendah.

Jika sensornya rusak, pengiriman sinyal data ke ECU menjadi tidak akurat dan penyuplaian bahan bakar menjadi buruk.

5. Kualitas Busi Buruk

Busi berfungsi sebagai pemercik api dan sangat penting untuk kinerja mesin. Jika kekuatan memantiknya kurang, percikan api akan sangat kecil atau sama sekali tidak ada. Mobil yang tersendat-sendat dapat disebabkan oleh busi yang terlalu lama atau kualitas busi yang buruk.

Pilihan Editor: Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Capai 2.200 Unit di Semester I 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi