Penjualan NEV Tembus 50 Persen Lebih, Lampaui ICE
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 8 Agustus 2024 11:00 WIB
Melalui GIIAS 2024, Pertamina Patra Niaga perkenalkan produk-produk unggulan, termasuk bahan bakar rendah emisi dan energi terbarukan yang dirancang untuk mendukung kendaraan listrik dan hybrid. Dok. Pertamina
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pada Juli 2024, penjualan kendaraan energi baru (New Energy Vehicle/NEV) di Cina tercatat mencapai 50,84 persen. Angka tersebut bahkan mampu melampaui penjualan kendaraan internal combustion engine (ICE) di pasar Tiongkok untuk pertama kalinya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman CarNewsChina hari ini, Kamis, 8 Agustus 2024, berdasarkan data Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok, penjualan NEV selama Juli tercatat sebanyak 879.000 unit. Jumlah tersebut meningkat 37 persen dari tahun ke tahun dan meningkat 3 persen dari bulan sebelumnya.

Sementara itu, penjualan mobil penumpang secara keseluruhan mencapai 1.729.000 unit. Angka itu turun dua persen dari tahun ke tahun dan dari bulan sebelumnya. Artinya, penjualan eceran kendaraan energi baru menyumbang 50,84 persen dari total penjualan kendaraan di bulan Juli.

Pada Maret lalu, CEO BYD Wang Chuanfu memprediksi bahwa kendaraan listrik akan meraih lebih dari 50 persen pangsa pasar dalam tiga bulan berikutnya. Tak sampai tiga bulan, prediksi Wang telah menjadi kenyataan.

Saat ini, tingkat penetrasi tahun ini mencapai 43,1 persen, berdasarkan penjualan ritel kumulatif sejak awal tahun sebanyak 11.568 juta mobil, meningkat 2 persen dari tahun ke tahun. Dari jumlah tersebut, penjualan kendaraan energi baru mencapai 4,991 juta, meningkat 34 persen dari tahun ke tahun.

Kesimpulannya, angka-angka di atas membuktikan bahwa terjadi peningkatan besar dalam hal penjualan kendaraan energi baru. Selain itu, situasi tersebut juga menjadi bukti anjloknya penjualan mobil ICE.

Pilihan Editor: Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Capai 2.200 Unit di Semester I 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi