Honda dan Yamaha Sepakat Bikin Bareng Motor Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 8 Agustus 2024 16:00 WIB
Shinji Aoyama, Operating Officer and Director, Honda Motor Co., Ltd. dan Katsuaki Watanabe, Managing Executive Officer and Director, Yamaha Motor Co., Ltd. sepakat tahun 2016 perihal pengembangan motor skuter 50 cc dan motor listrik. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda Motor Co., Ltd. (Honda) dan Yamaha Motor Co., Ltd. (Yamaha) hari ini Kamis, 8 Agustus 2024, mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan bagi Honda untuk memasok Yamaha berupa model sepeda motor listrik untuk pasar Jepang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Motor yang sudah dipasarkan adalah Honda EM1 e: dan BENLY e: I akan dikembangkan juga sebagai produk Yamaha. Kedua perusahaan akan melanjutkan diskusi lebih lanjut menuju penandatanganan perjanjian formal.

Sebenarnya sejak tahun 2016, baik Honda dan Yamaha sudah membicarakan aliansi bisnis memproduksi sepeda motor kategori kelas 1 untuk pasar Jepang. Awalnya untuk menghadirkan motor skuter 50 cc dan juga mengembangkan motor listrik. Tahun 2018, Honda mulai memasok motor 50 cc ke Yamaha.

Berlanjut April 2019, Honda dan Yamaha, mulai melibatkan Kawasaki Heavy Industries, Ltd. dan Suzuki Motor Corporation. Sedianya mendirikan Konsorsium Baterai yang dapat ditukar untuk sepeda motor listrik dengan tujuan untuk mempopulerkan model sepeda motor listrik. 

Setelah inisiatif ini, Honda dan Yamaha telah sepakat bahwa Honda akan memasok model dalam kategori Kelas-1 kepada Yamaha sebagai OEM, berdasarkan EM1 e: dan BENLY e: I, yang didukung oleh baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar yang mematuhi spesifikasi umum. 

Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan akan terus menawarkan model sepeda motor listrik yang akan memenuhi kebutuhan lebih banyak pelanggan dalam kategori Kelas-1, yang merupakan kategori populer untuk mobilitas pribadi dan penggunaan bisnis.

Kedua perusahaan akan meningkatkan jajaran produk mereka dan terus mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi sepeda motor listrik. Seperti jangkauan, waktu pengisian daya, kinerja, dan biaya, karena kedua perusahaan berupaya keras untuk berkontribusi pada terwujudnya masyarakat yang netral karbon.

Pilihan Editor: Honda Diam-diam Mendaftarkan 2 Motor Matic Baru di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi