Tepat Hari Ini, 25 Tahun Lalu Honda Rilis Mobil Hybrid Pertamanya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 8 Agustus 2024 19:00 WIB
Mobil hybrid Honda Insight. (Dok Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tepat 25 tahun lalu, 8 Agustus 1999, Honda meluncurkan mobil hybrid pertamanya di Eropa melalui model Honda Insight. Model ini menjadi awal dari perjalanan inovasi Honda untuk menciptakan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini, teknologi hibrida telah diterapkan pada mobil produksi massal Honda seperti Jazz, Civic, HR-V, ZR-V, dan CRV. Seluruh model tersebut dilengkapi dengan powertrain dua motor e:HEV dan juga teknologi ini disematkan pada mobil balap Honda di ajang Formula 1.

Teknologi mesin hybrid untuk mobil produksi massal diperkenalkan melalui model Honda Insight generasi pertama. Mobil itu menggunakan mesin hibrida dengan sistem IMA (Integrated Motor Assist) yang diperkenalkan tahun 1999. 

Sistem IMA ini membantu kinerja mesin sehingga konsumsi bahan bakar diklaim menjadi lebih efisien. Setelah model Insight, teknologi hybrid ini selanjutnya diterapkan untuk Honda CR-Z yang merupakan mobil sport hybrid Honda yang dipasarkan di Indonesia.

Teknologi hybrid IMA kemudian bertransformasi menjadi Intelligent Multi Mode Drive (i-MMD), yang menggunakan dual motor powertrain (baterai dan mesin) yang bekerja bersamaan. Sistem i-MMD ini diterapkan pada Honda CR-V Hybrid generasi kelima dan Honda Accord Hybrid generasi ke-10.

Selanjutnya, sistem i-MMD dikembangkan lagi hingga menjadi e:HEV yang mana motor listriknya bekerja lebih dominan untuk menggerakkan mesin. Model-model yang sudah menggunakan teknologi e:HEV ini antara lain Honda Fit (Jazz), City, Civic, Vezel (HR-V), ZR-V, Odyssey, Step WGN, CR-V, dan Accord.

Selain e:HEV, Honda juga punya teknologi hybrid lainnya bernama three-motor Super Handling All Wheel Drive (SH-AWD). Teknologi ini diperkenalkan pada generasi kedua Acura NSX, supercar Honda yang punya sistem kerja powertrain tiga motor penggerak.

Teknologi hybrid Honda terbaru akan hadir melalui model Honda Prelude generasi terbaru. Honda Prelude Concept menjadi mobil hybrid terbaru yang akan mulai diproduksi dan dijual massal pada 2025. Mobil ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Japan Mobility Show 2024.

Honda juga mengembangkan teknologi mesin turbo hybrid yang sudah disematkan pada mobil balapnya di ajang Formula 1. Teknnologi ini bekerja menghasilkan daya tambahan serta daya regeneratif pada unit daya mesin turbo.

Pilihan Editor: Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Capai 2.200 Unit di Semester I 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi