Suzuki Swift Terbaru Bakal Bermesin Turbo
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 8 Agustus 2024 17:30 WIB
Suzuki Swift Sport. (Foto: Suzuki SA)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki Swift generasi terbaru telah melantai di Jepang sejak 2023. Namun dikabarkan Suzuki mengenalkan Swift Sport terbaru dengan performa yang lebih agresif karena mengusung mesin turbo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari media otomotif Jepang, bestcarweb, Suzuki Swift Sport menggunakan platform yang sama dengan model terbaru. Mobil baru tersebut menggunakan basis bernama Heartect yang diklaim punya handling lebih oke.

Dari segi dimensi, Suzuki Swift mempertahankan dimensi panjang 3.860 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.500 mm dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

Ukuran Suzuki Swift Sport sedikit berbeda. Masih dalam sumber yang sama, ukuran bodi Suzuki Swift Sport diprediksi punya panjang 3.990 mm, lebar 1,750 mm, dan tinggi 1.500 mm.

Suzuki Swift Sport. (Suzuki SA)

Nantinya pembeda terjadi di sektor mesin dibanding Suzuki Swift biasa. Suzuki sudah mengembangkan mesin turbo 4 silinder inline tipe 1.400 cc kode K14D terbaru dengan sistem mild hybrid, yang dilengkapi dengan ISG (Integrated Starter Generator) 48V. Mesin tersebut berbeda dengan Suzuki Swift biasa, yakni mesin kode Z12E berkapasitas 1.200 cc.

Sistem IGS 48V itu disebut bisa membantu tenaga mesin selama akselerasi dan pengoperasian beban tinggi, serta menghasilkan daya listrik selama deselerasi untuk mengisi daya baterai lithium-ion.

Sayangnya, belum diketahui,berapa muntahan angka tenaga Suzuki Swift Sport. Satu-satunya transmisi yang tersedia adalah transmisi manual 6 kecepatan.

Satu hal yang jadi pembeda lainnya adalah soal bobot. Suzuki Swift Sport diproyeksikan bakal lebih enteng. Bobot mobil secara keseluruhan tidak akan mencapai satu ton atau di bawah 1.000 kilogram.

Kabarnya lagi Suzuki Swift Sport terbaru bakal mentas pada September 2024. Namun bertepatan dengan rilis Fronx terbaru, ada kemungkinan Swift Sport diundur hingga akhir tahun.

Pilihan Editor: Suzuki Swift Dikabarkan Membawa Pembaruan Menyeluruh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi