Robot Humanoid Terlihat Magang di Pabrik BMW
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 9 Agustus 2024 11:00 WIB
Robot Humanoid Figure 2 di Pabrik BMW. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - BMW Group tengah menjajaki penggunaan robot humanoid dalam produksi untuk pertama kalinya. Beralasan, penggunaan robot dapat menyelamatkan karyawan dari keharusan melakukan tugas-tugas yang secara ergonomis sulit dan melelahkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selama uji coba yang berlangsung selama beberapa minggu di BMW Group Plant Spartanburg, robot humanoid terbaru Figure 02 buatan perusahaan California Figure berhasil memasukkan komponen lembaran logam ke dalam perlengkapan tertentu, yang kemudian dirakit sebagai bagian dari sasis. 

Dipastikan robot tersebut harus sangat cekatan untuk menyelesaikan langkah produksi ini. Bersama Figure, BMW Group saat ini tengah menguji dan mengevaluasi bagaimana robot humanoid dapat digunakan dengan aman dalam produksi mobil.

Milan Nedeljkovi, Member of the Board of Management for Production di BMW AG mengatakan perkembangan di bidang robotika sangat menjanjikan. 

“Melalui operasional uji coba awal, kami kini menentukan kemungkinan penerapan robot humanoid dalam produksi. Kami ingin mendampingi teknologi ini dari pengembangan hingga industrialisasi,” ujar Milan Nedeljkovi.Robot Humanoid Figure 2 sudah dapat memegang plat bodi mobil. (Foto: BMW)

Di BMW iFACTORY, visi untuk produksi masa depan, BMW Group selalu mencari teknologi baru. Efisiensi, digitalisasi, dan keberlanjutan menjadi inti dari visi ini untuk mewujudkannya. 

Selama uji coba, BMW Group memperoleh pengetahuan berharga tentang persyaratan apa yang harus dipenuhi agar dapat mengintegrasikan robot multiguna ini dalam sistem produksi mereka.

Brett Adcock, Pendiri dan CEO Figure mengungkapkan kegembiraannya perihal robot humanoid Figure 2 melakukan tugas percobaan perdananya di fasilitas produksi di BMW Group Plant Spartanburg.

“Figure 02 memiliki kemajuan teknis yang signifikan, yang memungkinkan robot tersebut untuk melakukan berbagai tugas kompleks secara mandiri," yakin Brett Adcock.

Robot ini mampu melakukan tugas-tugas seperti manusia dan tugas-tugas yang dilakukan dengan dua tangan secara otonom, yang memerlukan manipulasi yang bervariasi dan dinamis, pegangan yang rumit, dan koordinasi kedua tangan secara serempak. 

Robot ini mampu menempatkan berbagai bagian yang rumit dengan akurasi yang diukur dalam milimeter dan dapat berjalan secara dinamis dengan memanfaatkan efisiensi desain robot.

Saat ini, belum ada robot Figure AI di Pabrik BMW Group Spartanburg, dan belum ada jadwal pasti yang ditetapkan untuk membawa robot Figure ke pabrik tersebut. BMW Group akan terus bekerja sama dengan Figure untuk mengumpulkan berbagai data dan melatih kemampuan robot Figure 02.

Pilihan Editor: BMW X3 30L xDrive Bukan untuk Pasar Global

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi