Luca Marini Senang Motor Ducati Berkurang di MotoGP 2025
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 9 Agustus 2024 16:00 WIB
Luca Marini pembalap Repsol Honda. (Foto: Repsol Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Ducati mendominasi posisi 10 besar klasemen MotoGP 2024. Setidaknya terdapat enam dari delapan motor Ducati yang berada di puncak klasemen sementara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap Honda Luca Marini, yang pernah menunggangi Desmosedici GP, sangat yakin kekuatan Ducati belum bisa terkalahkan untuk saat ini. Di sisi lain pabrikan Honda sedang berjuang untuk bisa berada di level yang sama.

Superiornya motor Ducati terlihat saat balapan MotoGP Inggris 2024. Delapan motor Ducati masuk posisi 10 besar. Enea Bastianini menjadi pemenangnya dengan catatan waktu 39 menit 51,879 detik, Jorge Martin finis kedua dengan waktu 1,931 detik lebih lambat. Sementara Francesco Bagnaia menjadi penutup tiga besar.

Pembalap Ducati lain yang tembus 10 besar antara lain adalah Marc Marquez, Fabio Diggiananntonio, Alex Marquez, Marco Bezzecchi, dan Franco Morbidelli.

"Ini (Sirkuit Silverstone) merupakan trek yang butuh kekuatan mesin, mereka (Ducati) selalu kuat. Empat motor pabrikan saat ini punya level yang berbeda dengan motor lain, jadi mudah saja untuk masuk lima besar," kata Marini dilansir dari Speedweek.

Namun, Ducati bakal kehilangan slot satu tim di MotoGP 2025. Pasalnya, Pramac Racing resmi hengkang dari Ducati dan memulai petualangan barunya bersama Yamaha. Kepergian Pramac Racing bakal mengubah komposisi motor spek pabrikan Ducati dari yang sebelumnya empat, menjadi tiga.

Diketahui, dalam dua musim terakhir Ducati membalap dengan 4 tim, 8 pembalap, dan 4 motor spek pabrikan. Pramac Racing menjadi tim satelit yang mendapat keistimewaan menggunakan motor spek pabrikan seperti yang dipakai tim Ducati Lenovo.

Kemungkinan besar, jatah satu motor spek pabrikan untuk tim satelit Ducati akan diberikan ke tim balap Valentino Rossi, Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Menurut Marini, berkurangnya jumlah motor Ducati di atas lintasan bikin balapan lebih seru.

"Target kita tahun depan bisa kejar level yang sama dengan Ducati, kita lihat tahun depan, di situ motornya juga bukan delapan lagi. Akan lebih seru," kata Marini.

Pilihan Editor: Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Capai 2.200 Unit di Semester I 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi