Nissan Kembangkan Cat Mobil Baru yang Bisa Pantulkan Sinar Inframerah
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 9 Agustus 2024 18:00 WIB
Logo baru Nissan. (Motor1)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Nissan bekerja sama dengan perusahaan Cina, Radi-Cool untuk mengembangkan cat mobil baru. Cat mobil ini diklaim bisa memantulkan sinar inframerah sekaligus menciptakan gelombang elektromagnetik yang menangkal sinar matahari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Jumat, 9 Agustus 2024, cat eksterior ini dapat membantu pendinginan di kabin. Radi-Cool telah memulai pengembangan cat ini sejak 2021 dan telah menciptakan lebih dari 100 sampel yang terus dikembangkan dan dievaluasi.

Pada November 2023, studi kelayakan selama 12 bulan dimulai di Terminal Udara Internasional Tokyo di Haneda. Studi ini melibatkan penerapan cat pada kendaraan darat Nissan NV100 milik All Nippon Airways (ANA), yang diuji coba di ruang terbuka yang luas dan landasan pacu yang besar.

Hasilnya, kendaraan yang diparkir berdampingan di bawah terik matahari, mobil yang telah dilapisi cat baru ini terasa sejuk saat disentuh, dengan penurunan suhu eksterior hingga 21,6 derajat Fahrenheit. Suhu interiornya tercatat hingga 9 derajat Fahrenheit lebih dingin daripada mobil yang dilapisi cat konvensional.

Cat baru ini memiliki sifat pendinginan berkat penggunaan bahan metamaterial. Bahan ini direkayasa agar memiliki sifat yang jarak ditemukan pada material yang terbentuk secara alami.

Satu partikel dalam cat baru Nissan memantulkan sinar inframerah dekat. Sinar ini biasanya menyebabkan getaran pada cat mobil tradisional. Sementara itu, partikel kedua menciptakan gelombang elektromagnetik yang menangkal sinar matahari, mengalihkan panas dari permukaan mobil dan kembali ke atmosfer.

Namun, masih ada tantangan dari pengaplikasian cat ini, yakni cat ini masih enam kali lipat lebih tebal dari cat mobil biasa. Tim pengembang yakin di masa depan cat ini dapat segera ditawarkan untuk pesanan khusus dalam berbagai warna.

Pilihan Editor: Ekspor Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Capai 2.200 Unit di Semester I 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi