BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid Bisa Tempuh 1.092 KM
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 11 Agustus 2024 12:00 WIB
Produksi perdana BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid di Thailand. (Foto: BYD)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid menjadi produk anyar yang diperkenalkan BYD Thailand di fasilitas produksinya di Rayong. Sedianya sudah bisa dipesan dan didistribusikan kepada konsumen mulai Oktober 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid dikemas sebagai SUV lima penumpang, diklaim jarak tempuh bisa mencapai 1.092 km dengan perpaduan baterai dan bahan bakarnya.

Teknologi BYD DM-i yang diusung berupa sistem PHEV ini menggunakan motor penggerak berperforma tinggi dan Blade Battery berkapasitas besar sebagai sumber tenaga, menggunakan mesin sebagai bantuan. Kapasitas bagasinya menyediakan 1.440 liter. 

Ini menunjukkan bahwa BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid bisa dikendarai secara penuh menggunakan motor listrik dan ketika Battery State of Charge (SOC) menurun, mobil bertransformasi menjadi ultra-low fuel consumption hybrid.

BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid diluncurkan di thailand pada 8 Agustus 2024. (Foto: BYD)

Kelebihan dari BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid ini adalah bisa memilih mode berkendaranya. Mulai dari EV mode, memungkinkan mobil melaju senyap, serta lebih nyaman di wilayah perkotaan. Meningkatkan responsivitas dan terdapat regenerative braking. 

Mesin 1.5L turbocharged akan berjaga bila baterai mulai menipis kapasitas energinya. Pengendara bisa mengaktifkan HEV Series mode ketika baterai SOC sudah mulai kehabisan batas energinya.Berkendara di mode ini, mesin akan bertugas sebagai generator untuk mengisi ulang BYD Battery Blade. Memungkinkan jarak tempuh bisa lebih jauh lagi.

Pengendara bisa juga memilih HEV Parallel mode yakni mode full power. Roda akan digerakkan oleh energi dari BYD Blade Battery dan mesin. Mode ini meningkatkan akselerasi dan responsivitas, lebih mudah untuk melibas kendaraan di depan saat di jalur bebas hambatan.

Ketika melaju pada kecepatan tinggi dengan SOC rendah, roda akn digerakkan 100 persen oleh mesin, menjadikan konsumsi bahan bakar lebih rendah dan meningkatkan efisiensi.

BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid sudah tersemat pendeteksi anak kecil yang mendekat. Di kabin terdapat 7 SRS airbag yang tersebar di bagian depan, samping, jendela depan dan belakang. Pengendara dibantu dengan adanya fitur front and rear cross-traffic alert dengan pengereman.

Selama perjalanan sudah dipersiapkan kabel portable charging, BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid juga sudah terdapat fungsi energi V2L. Sepanjang perjalanan penumpang akan dimanjakan dengan tatanan audio sound system dari Infinity berupa 10 speaker. Terdapat dua wireless phone chargers. 

Fasilitas produksi BYD Thailand. (Foto: BYD)

Layar di dasbor dengan lebar 15,6 inci bisa dirotasi sesuai dengan kenyamanan pengendara. Bisa menampilkan infotainment dioperasikan melalui sentuhan tangan. Sedangkan layar 12,3 inci terdapat di balik kemudi sebagai instrumen cluster.

BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid terdapat dua pilihan yakni tipe Dynamic penggerak roda depan memiliki tenaga 160 kW dan dapat berakselerasi 0-100 kpj memerlukan waktu 8,5 detik. Konsumsi bahan bakarnya 90,9 kpl dengan jarak tempuh 1.092 km dengan tangki bensin 60 liter.

Sedangkan pilihan BYD Sealion 6 DM-i Super Hybrid Premium memiliki penggerak AWD bertenaga 238 kW dan dapat berakselerasi 0-100 kpj hanya perlu waktu 5,9 detik. Konsumsi bahan bakarnya 71,4 kpl dan hanya bisa menempuh 961 km untuk sekali pengisian bensin 60 liter.

Pilihan Editor: Diam-diam Proses Pembangunan Pabrik BYD di Indonesia Sudah Dimulai

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi