Bocoran Paten Motor Sport Listrik Yamaha, Belum Pasti Diproduksi
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 12 Agustus 2024 08:00 WIB
Gambar paten motor sport listrik Yamaha.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Baru-baru ini ada bocoran gambar paten dari motor sport listrik lansiran Yamaha. Berdasarkan gambar tersebut, motor listrik sport ini hadir dengan rem cakram ganda empat silinder di bagian depan dan ada metode penghemat berat yang jelas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman Rideapart hari ini, Senin, 12 Agustus 2024, gambar paten ini menunjukkan baterai pendingin udara, meskipun beberapa motor listrik berperforma tinggi menggunakan baterai berpendingin cairan.

Namun, keunggulan sistem pendingin udara ini membuat Yamaha tidak perlu memasang semua pipa, pompa, radiator, dan sensor yang diperlukan pada sistem pendingin cairan.

Sirip pada sisi motor sport listrik ini juga membantu mendinginkan baterai. Sirip ini meningkatkan luas permukaan untuk pendinginan dan menambahkan kekakuan, namun pada dasarnya tidak menambah berat.

Motor listrik sport ini menggunakan rangka bergaya teralis yang dipadukan dengan swing arm alumunium. Model ini dilengkapi fairing dan desain fairingnya membiarkan sebagian rangkanya terekspos.

Bagian motor penggeraknya dipasang sedikit jauh di belakang untuk menyediakan banyak ruang bagi baterai. Dengan penggunaan motor yang sedikit ke belakang, para desainer Yamaha harus memasang shock belakang cukup tinggi.

Di bawah jok, terdapat unit pengisian daya. Sementara sistem manajemen baterai dan sistem kontrol elektronik berada di bagian depan, di atas modul baterai. Di antara unit pengisian daya dan sistem manajemen baterai terdapat inverter.

Masih belum dipastikan kapan calon motor sport listrik Yamaha ini akan diperkenalkan. Belum diketahui juga, apakah motor sport listrik ini akan memasuki dapur produksi atau tidak.

Pilihan Editor: Ford Police Interceptor Utility Mengandalkan Teknologi Hibrid

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi