Ini Komentar Marc Marquez Perihal Pembalap Senior Jadi Wasit Baru di MotoGP 2025
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 13 Agustus 2024 09:00 WIB
Marc Marquez di MotoGP Inggris 2024. (foto: Gresini Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Federasi Balap Motor Internasional (FIM) resmi menunjuk Simon Crafar sebagai Ketua FIM Stewards Panel atau wasit baru mulai 2025.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Crafar yang merupakan eks pembalap GP500 dan kini menjadi reporter pitlane Dorna Sports, menggantikan Freddie Spencer.

FIM Stewards Panel bertanggung jawab untuk memutuskan penalti kepada para pembalap atau tim yang melanggar regulasi Grand Prix. Selama menjabat sebagai Chairman, Spencer kerap mengambil keputusan-keputusan kontroversial, yang dianggap para pembalap tidak adil dan tidak konsisten.

Pada Juli lalu, Spencer pun menyatakan untuk mengundurkan diri akhir musim nanti, dan jabatannya resmi akan diambil alih Simon Crafar. 

Adapun Simon Crafar yang dikenal memiliki pengetahuan luas soal balap motor, langsung disambut oleh Pecco Bagnaia, Jorge Martin, dan Marc Marquez.

"Saya rasa, itu adalah salah satu tugas paling sulit untuk dilakukan di paddock ini. Pasalnya, untuk mengambil keputusan macam itu tidaklah mudah. Namun, yang saya pikirkan adalah, dengan Simon, kami bisa melakukan dialog dengan baik," ujar Francesco Bagnaia dilansir dari MotoGP.com, Senin, 12 Agustus 2024.

"Kami sering mengobrol dengan Simon setiap akhir pekan. Saya rasa ia bisa mengambil alih dengan jalur yang sama, dan ia pasti bisa bekerja dengan sangat baik. Namun, sudah jelas ini bukan pekerjaan yang mudah," lanjut tiga kali juara dunia dari Ducati Lenovo Team ini.

Sementara itu, Marc Marquez berharap yang terbaik untuk Simon Crafar, tapi juga memperingatkan bahwa tugas ini takkan mudah.

Di lain sisi, ia juga yakin para pembalap harus beradaptasi dengan cara kerja Crafar, yang diprediksi banyak pihak bakal lebih tegas memberikan sanksi.

Saya doakan yang terbaik untuk Simon. Saya mengharapkan yang terbaik untuknya. Pasalnya, ini adalah jabatan yang sangat sulit, karena ini seperti wasit di sepak bola," ungkap sang delapan kali juara dunia.

"Mustahil untuk membuat semua orang senang. Jadi, pada akhirnya ini soal Race Direction , dan kami harus beradaptasi pada aturan baru atau aturan yang sama, dan soal di mana limitnya. Seperti yang kita tahu, situasi musim ini sedikit berubah," tutup Marc Marquez.

Pilihan Editor: MotoGP Kenalkan Aturan Baru di Seri Austria 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi