Jakarta-Bogor Pakai Mobil Listrik Cloud EV, Habis Berapa Persen Baterainya?
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 15 Agustus 2024 18:43 WIB
Test drive mobil listrik Wuling Cloud EV. (Dok Wuling)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Wuling Motors Indonesia memberikan kesempatan kepada Gooto untuk test drive atau menjajal langsung mobil listrik Cloud EV pada Rabu, 14 Agustus 2024. Rute yang kami lalui adalah Jakarta-Bogor. Dalam perjalanan, kami berhenti di tiga titik berbeda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Titik keberangkatan awal dimulai dari Petojo, Jakarta Pusat, menuju DC Charging di Sudirman Park SCBD. Di lokasi tersebut, rombongan melihat langsung bagaimana proses pengisian daya Wuling Cloud EV. Dalam pengisiannya, pengguna harus menggunakan aplikasi E Charge International.

Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan ke kawasan Sentul. Di sana, kami melewati jalur yang cukup sempit dan menantang. Kami merasa terbantu dengan fitur All-Around 360 Camera untuk melewati lintasan tersebut. 

Selanjutnya, kami menyambangi Kopi Nako yang berada di dekat Sumarecon Bogor. Ini menjadi tempat pemberhentian terakhir di Bogor. Terhitung, konsumsi baterai yang dikeluarkan mobil listrik ini sekitar 33 persen dalam jarak tempuh 88,4 km.

Ketika di perjalanan, Gooto lebih dulu merasakan jadi penumpang di baris belakang. Kami merasakan kenyamanan karena bangkunya empuk dan bisa sedikit direbahkan, sehingga penumpang dapat duduk semi rebahan.

Luas kabinnya juga menambah kenyamanan bagi penumpang di belakang. Bagi yang memiliki tinggi badan sekitar 175-an dan berat 70-an kg, tidak merasakan sesak. Kaki penumpang belakang juga tidak tersentuh dengan kursi depan.

Saat mendapatkan kesempatan mengemudi, kami juga merasakan kenyamanan. Kabinnya cukup senyap sehingga kami tidak merasakan kebisingan. Setirnya juga terasa begitu enteng untuk dikendalikan saat berbelok ke kanan atau kiri. 

Akselerasinya juga terbilang baik saat dipacu dan tidak ngeden, termasuk ketika melewati jalanan menanjak yang cukup ekstrem. Dengan adanya empat mode berkendara, yakni Eco Plus, Eco, Normal dan Sport, pengemudi juga bisa menikmati perjalanan dengan nyaman di berbagai medan.

Suspensinya juga terasa nyaman ketika melewati jalanan tidak rata. Namun ketika menghajar lubang yang cukup dalam, dengan kecepatan tinggi, penumpang dan pengemudi cukup merasakan benturan di dalam kabin. Namun hal ini bisa diatasi dengan memperbaiki gaya berkendara.

Bicara spesifikasi, Cloud EV dipersenjatai baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 50,6 kWh. Mobil listrik ini menggunakan sistem motor penggerak yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 100 kW dan torsi puncak 200 Nm dengan kecepatan maksimum mencapai 150 km/jam.

Meski mampu menembus 150 km/jam, namun dengan mode Eco Plus, kecepatan Wuling Cloud EV hanya bisa mencapai 80 km/jam. Soal harga, mobil listrik ini dipasarkan dengan harga Rp 398 jutaan. 

Pilihan Editor: Bea Cukai Bebaskan Impor Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang di IKN

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi