Audi Menerapkan Proses Cat Mobil Lebih Hemat Energi
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 16 Agustus 2024 10:00 WIB
Pengecatan secara robotik di workshop khusus cat mobil. (foto: Audi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMulai tahun 2025, Audi mengabarkan bahwa workshop khusus cat mobil yang direnovasi akan menjadi salah satu paling modern di industri otomotif. Sejalan dengan strategi produksi "360factory", semua model yang diproduksi di pabrik Neckarsulm mulai tahun 2025 akan menjadi netral karbon.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Visi brand berlogo Empat Cincin ini untuk produksi masa depan terus dibentuk: Perusahaan memodernisasi, mendigitalkan, dan mengubah pabriknya untuk memproduksi secara berkelanjutan.

Sementara cat mobil berbasis air yang berkelanjutan telah lama menjadi standar di Audi, model-model terbaru juga menjalani proses pengecatan baru. 

Penerapan 360factory di workshop khusus cat mobil Audi untuk menghemat energi. (Foto: Audi)

Pengisi diganti dengan pre-zone paint yang dapat diaplikasikan lapisannya meski masih basah. Pengeringan pengisi yang terpisah sebelumnya tidak lagi diperlukan, sehingga Audi dapat mengurangi konsumsi energi secara signifikan: Hingga 140 kWh dapat dihemat per kendaraan.

Di Neckarsulm, Audi mengandalkan metode modern dan efektif untuk mencegah korosi. Pengecatan celup katodik, misalnya, meliputi pencelupan dan pemutaran bodi secara terbalik di dalam tangki menggunakan proses rotasi. Ini lebih hemat ruang dan menyeluruh, karena menghindari pembentukan gelembung udara dan endapan kotoran yang minimal.

Proses baru yang lebih hemat energi juga digunakan untuk mengeringkan lapisan celup katodik. Alih-alih proses pengeringan eksternal sebelumnya, kini digunakan proses pengeringan melintang.

Sistem pengeringan di workshop khusus cat mobil. (foto: Audi)

Udara dihembuskan ke dalam interior, dan bodi dipanaskan dari dalam. Selain lebih hemat energi, pengering melintang lebih cocok untuk kendaraan listrik dan hibrida masa depan serta memperkuat bagian rakitan di bagian lantai.

Audi berhasil menghemat energi sekitar 50 kWh per kendaraan berkat proses pemisahan cat mobil yang baru. Sebelumnya, kabut cat dikumpulkan dalam air dengan 100 persen udara segar dan dibuang. Dalam proses pemisahan kering yang baru, kabut tersebut ditangkap oleh filter canggih. 

Proses tersebut memungkinkan lebih dari 90 persen udara yang disaring untuk digunakan kembali, sehingga menghilangkan kebutuhan akan pendingin udara segar yang boros energi.

Pada saat yang sama, berbeda dengan pemisahan basah konvensional, penggunaan air tawar dan bahan kimia dihilangkan.

Pilihan Editor: Audi Q4 35 e-tron Harga Lebih Murah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi