Bridgestone Buka Peluang Jadi Ban OEM Mobil Listrik Cina
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 16 Agustus 2024 12:00 WIB
Ilustrasi ban Bridgestone. (Bridgestone)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil listrik makin diminati seiring dengan kampanye Pemerintah akan kendaraan ramah lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini merek Cina menjadi produsen yang mendominasi di pasar otomotif Tanah Air, dengan desain dan harga kendaraan yang sangat kompetitif. Kemunculan merek-merek sebut lantaran Pemerintah yang terus mendorong agar berinvestasi di Indonesia.

Salah satu dorongan yakni adanya pemberian insentif untuk produsen mobil listrik yang merakit produknya secara lokal. Untuk mendapatkan insentif, pabrikan harus mendapatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen.

Maka dari itu, para pabrikan ini membutuhkan komponen kendaraan yang dirakit secara lokal, salah satunya ban. PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mengungkapkan keinginannya untuk menjadi pemasok ban OEM (Original Equipment Manufacturer) buat mobil listrik Cina.

"Pastinya ada arah ke sana, pastinya kita juga studi dan setting price-nya bakal seperti apa. Ke depannya, kita memang coba ke arah sana," ujar Gatot Adrie Triyono selaku Head of Consumer Sales & Marketing Bridgestone Indonesia di Karawang, Rabu, 14 Agustus 2024.

Gatot menambahkan pihaknya saat ini belum bisa mengungkapkan merek yang akan disasar oleh Bridgestone Indonesia.

"Saat ini saya nggak bisa bocorkan (merek yang disasar), tapi lebih ke arah apa yang kita punya dan kita tawarkan," sambung Gatot Adrie Triyono.

Meski begitu, Gatot Adrie Triyono menegaskan bahwa pihaknya tidak hanya mengincar pabrikan otomotif asal Cina. Namun juga dengan negara-negara lain.

"Kita nggak bilang harus merek Cina, merek Jepang, atau apa, kita coba semua," tuturnya.

Untuk diketahui, Bridgestone memang belum meluncurkan ban khusus untuk mobil listrik secara spesifik di pasar Indonesia. Namun, Bridgestone Indonesia memiliki ban yang bisa dipakai untuk kendaraan elektrifikasi, yakni Ecopia EP300 Enliten.

"Jadi begini, Ecopia EP300 yang kita luncurkan tahun lalu itu lebih kepada mobil-mobil yang bukan listrik. Itu untuk MPV karena ecopia untuk touring seperti Avanza atau Ertiga, tapi apakah bisa untuk mobil listrik? Bisa. (Enliten) akan menjadi standar untuk ban mobil listrik ke depannya," tutup Gatot Adrie Triyono.

Pilihan Editor: Pembalap Repsol Honda Sudah Siap Menghadapi MotoGP Austria 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi