Porsche Luncurkan 911 Turbo Edisi 50 Tahun, Cuma Ada 1.974 Unit di Dunia
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 17 Agustus 2024 09:00 WIB
Porsche 911 Turbo 50 Years.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Porsche meluncurkan model edisi eksklusif spesial 50 tahun 911 Turbo. Model khusus ini diproduksi terbatas dan hanya ada 1.974 unit di seluruh dunia, sesuai dengan angka dari tahun debutnya, yakni pada 1974.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Model 911 Turbo spesial 50 tahun ini hadir dengan nuansa dan desain turbo yang mirip dengan model pertama kali diperkenalkan, yakni 911 Turbo tipe 930. Porsche 911 Turbo 50 tahun ini didasarkan pada model 911 Turbo S yang diperkenalkan pada 2019.

Mobil ini menampilkan warna Turbonite eksklusif Porsche Turbo, yang pertama kali hadir di model 911. Warna ini disematkan pada kap mesin belakang, tutup tangki bensin, lambang Porsche, hingga pada logo model Turbo 50.

Kemudian ada warna Anthracite Grey pada wing blade belakang, apron belakang, dasar cermin, dan trim intake udara. Badge pada cover grille mesin belakang menampilkan ikon turbocharger dan tahun 1974-2024.

Saat pintu dibuka, proyektor pintu LED menampilkan gambar turbocharger ke tanah samping mobil. 911 Turbo 50 Years hadir dengan velg desain eksklusif 911 Turbo S dengan bahan Turbonite sebagai standar.

Pada bagian interiornya, motif tartan McKenzie menghiasi panel tengah dari cover seat dan panel pintu interior. Kontras tambahan pada Turbonite semakin membedakan mobil ini dari model produksi seri 911 Turbo S biasa.

Aksen Turbonite ada di bagian sabuk pengaman, kontrol, jahitan dekoratif, strip trim dengan inlay dekoratif pada kulit hitam dan Porsche crest pada roda kemudi sport GR. Sementara itu, logo Turbo 50 yang menyala ditampilkan pada door kick plate, yang dilapisi dengan alumunium hitam.

Logo itu juga disematkan pada sandaran lepala Adaptive Sports Seats Plus dan juga di bagian belakang kursi belakang kiri. Di atas kompartemen sarung tangan terdapat plakat anniversary berbahan alumunium, yang menampilkan logo Turbo 50 dan nomor edisi terbatas mobil sport ini.

Mobil edisi khusus ini juga dilengkapi dengan 50 Years of Turbo Heritage Design Package. Warna dasar paket desain ini menggunakan warna dasar Aventurine Green Metallic, kemudian warna standar 911 dan warna program Paint to Sample juga tersedia.

Soal performa, Porsche 911 Turbo 50 Years menggunakan mesin yang sama dengan 911 Turbo S, yakni mesin boxer 3,7 liter dengan variable turbine geometry (VTG) twin-turbocharging. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 650 PS dan torsi 800 Nm.

Akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dapat dituntaskan dalam waktu 2,7 detik dan 0 sampai 200 km per jam dalam 8,9 detik. Tenaga disalurkan melalui transmisi kopling danda 8 kecepatan dan Porsche Traction Management (PTM) all wheel-drive aktif dengan Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus).

Bersamaan dengan hadirnya model eksklusif ini, Porsche Design Timepieces juga merilis arloji khusus Kronograf 911 Turbo 50 Years. Jam ini dilengkapi dengan mesin jam Porsche Design WERK 01.200 yang bersertifikat COSC dengan fungsi playback.

Sama seperti mobilnya, arloji ini diproduksi terbatas sebanyak 1.74 unit dan memadukan desain klasik dengan teknologi modern. Nomor edisi terbatas juga terukir pada case titanium sesuai dengan nomor edisi terbatas kendaraan.

Pilihan Editor: Jakarta-Bogor Pakai Mobil Listrik Cloud EV, Habis Berapa Persen Baterainya?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi