Jokowi Hadiri Upacara Kemerdekaan RI di IKN Bukan Pakai Mobil Listrik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 17 Agustus 2024 11:31 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Upacara Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (Foto: Youtube)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Upacara Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Namun, ada momen menarik dalam siaran langsung upacara kemerdekaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi datang ke Istana Negara IKN bukan menggunakan mobil listrik, melainkan mobil dinasnya Mercedes-Benz S600 Guard. Jokowi tiba dengan dikawal sejumlah sepeda motor.

Sebelumnya, Jokowi sempat mengatakan bahwa kendaraan berbahan bakar fosil atau bahan bakar minyak (BBM) tidak boleh masuk di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebab, IKN ini dirancang sebagai kota yang menggunakan energi hijau.

"Yang boleh (digunakan di IKN) hanya EV (electric vehicle/kendaraan listrik)" kata Jokowi dalam sambutannya di seremoni peresmian pembangunan Nusantara Sustainability Hub di IKN, Rabu, 5 Juni 2024.

Kemudian, Chief Urban Mobility Otorita IKN Resdiansyah alias Dian menyebut penggunaan kendaraan listrik di IKN secara keseluruhan ditargetkan pada 2045. Namun, selama masa transisi penggunaan kendaraan listrik akan diterapkan di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP).

"Kita coba dulu di KIPP yang net zero carbon, tidak ada kendaraan bensin,” ujar dia saat ditemui di Gedung Sequis Center, Jakarta Selatan, pada Selasa, 5 Desember 2023.

Untuk diketahui, Mercedes-Benz S600 Guard mengusung mesin V12 yang mampu menyemburkan tenaga 530 HP dan torsi 830 Nm melalui sistem transmisi otomatis 7G-TRONIC. Sedan mewah tersebut juga didukung fasilitas keamanan tertinggi hingga di tingkat ketahanan B6/B7.

Mobil dinas Jokowi disebut bisa menahan proyektil senjata kecil standar militer dan ledakan granat serta bahan peledak lainnya. Bahkan punya fitur keselamatan run-flat ture, tangki bahan bakar self-healing, dan sistem pemadam kebakaran. 

Mercedes-Benz S600 Guard juga dilengkapi dengan inovasi teknologi terbaru. Seperti Driver Assistance PLUS, atau sistem bantuan DISTRONIC PLUS, di mana pengemudi bisa dimudahkan dengan adanya teknologi Stop & Go Pilot, Rem BAS PLUS, Active Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake dengan pengenalan pejalan kaki, dan rem parkir listrik.

Mobil dinas ini dibuat khusus demi keamanan pemimpin negara dengan kelengkapan keamanan dan keselamatan tingkat tinggi. Mobil Kepresidenan ini langsung diimpor dari Jerman.

Pilihan Editor: Toyota Sediakan 40 Unit bZ4X untuk Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi