Sebelum Masyarakat, Pemerintah Harus Duluan Pakai Kendaraan Listrik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 19 Agustus 2024 14:00 WIB
Pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dok. PLN
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pengamat otomotif dari Universitas Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, jika ingin masyarakat mengadopsi massal kendaraan listrik, pemerintah harus lebih dulu menggunakannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Mengingat ini program pemerintah, maka seyogianya seluruh jajaran pemerintah pusat, Pemprov, Pemkab, hingga Pemkot lah yang memulai dengan memberikan contoh melalui membeli EV baik roda dua maupun roda empat," kata Yannes, dikutip dari Antara hari ini, Senin, 19 Agustus 2024.

Yannes mengungkapkan bahwa pemerintah harus terlebih dahulu mencontohkan kepada masyarakat untuk penggunaan kendaraan listrik ini. Ini juga sekaligus berguna menstimulasi masyarakat agar bisa beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

"Jadi pemerintahlah  yang memberikan contoh terlebih dahulu, sehingga akan lebih meyakinkan masyarakat," ujarnya.

Menurut Yannes, pemerintah bisa membeli kendaraan listrik dengan menggunakan kas negara untuk kendaraan operasional pejabat. Selain itu, pemerintah juga perlu memperbanyak pembangunan infrastruktur pengisian daya untuk mengatasi kekhawatiran masyarakat.

"Sehinga akan mempercepat penambahan charging station dan tumbuhnya berbagai kebijakan insentif non-tarif di setiap daerah untuk EV," ucap Yannes memungkasi.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Austria: Bagnaia Menang Lagi, Marc Marquez Gagal Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi