Pemeriksaan Berkala Karburator Motor, Cek Bagian Ini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 20 Agustus 2024 07:00 WIB
Seorang montir membersihkan karburator sepeda motor di sebuah bengkel di kawasan jalan Patimura, Malang, Jawa Timur, 13 Juli 2015. TEMPO/Aris Novia Hidayat
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Karburator merupakan komponen vital dalam mengatur campuran udara dan bahan bakar yang sangat penting bagi mesin. Perawatan karburator penting untuk selalu dilakukan secara berkala.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemeriksaan berkala adalah langkah pertama yang sangat penting dalam menjaga karburator motor tetap berfungsi baik. Pemeriksaan baiknya dilakukan secara teratur, terutama jika sering berkendara di daerah yang berdebu atau di lingkungan dengan polusi udara yang tinggi.

Perawatan karburator motor sebenarnya bukan hanya dibersihkan, tetapi juga ada beberapa langkah lain untuk melakukan perawatan karburator tersebut. Berikut rinciannya, dikutip dari laman Wahana Honda hari ini, Selasa, 20 Agustus 2024:

1. Cek Penyaring Udara

Pastikan penyaring udara ini dalam keadaan bersih. Kotoran yang menempel pada penyaring udara ini dapat mengganggu proses pembakaran.

2. Cek Kebocoran

Pastikan tidak ada kebocoran atau masalah lain. Cek semua baut dan komponen karburator, serta pastikan semuanya terpasang dengan baik.

3. Cek Campuran bahan Bakar

Dalam perawatan karburator, pastikan periksa campuran bahan bakar. Campuran yang tepat antara udara dan bahan bakar sangat penting untuk performa motor yang optimal.

4. Bersihkan Main Jet dan Pilot Jet

Kotoran yang menempel pada jet-jet ini dapat mengganggu aliran bahan bakar yang lancar. 

5. Cek Pelampung

Untuk perawatan karburator motor, pastikan juga pelampung dalam karburator berfungsi dengan baik. Pelampung yang rusak bisa menyebabkan masalah aliran bahan bakar.

Pilihan Editor: Mario Aji Jatuh Lagi di Moto2 Austria, Bagaimana Kondisinya?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi