Simak 5 Tips Mengecas HP di Mobil dengan Aman
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 20 Agustus 2024 08:00 WIB
Ada beberapa penyebab HP lama dicas. Beberapa di antaranya bisa disebabkan karena alat charger yang rusak hingga menggunakan HP saat dicas. Foto: Canva
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mengisi daya ponsel di mobil telah menjadi kebutuhan yang umum, terutama bagi mereka yang sering bepergian atau memiliki jadwal yang padat. Namun, mengisi daya ponsel di mobil bukan tanpa risiko.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengecas ponsel di mobil perlu dilakukan dengan benar. Jika tidak, ini bisa merusak ponsel atau bahkan menimbulkan bahaya keselamatan.

Berikut lima tips mengecas HP di mobil dengan aman, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Selasa, 20 Agustus 2024:

1. Gunakan Charger yang Tepat

Pastikan Anda mengecas menggunakan charger yang direkomendasikan oleh pabrikan ponsel Anda. Charger dengan kualitas rendah atau tidak sesuai, bisa menyebabkan overcharging atau kerusakan pada baterai.

2. Perhatikan Output Charger

Idealnya, output charger mobil adalah 2.1 ampere atau lebih. Output yang lebih rendah bisa membuat proses pengisian daya menjadi sangat lambat.

3. Hindar Menggunakan Ponsel Saat Dicas

Menggunakan ponsel saat dicas dapat membuat perangkat lebih panas dan memperlambat proses pengisian. Hal tersebut juga dapat memperpendek umur baterai ponsel.

4. Cabut Charger Saat Tidak Digunakan

Meninggalkan charger tetap terpasang di mobil meskipun tidak digunakan bisa menyebabkan pengurasan aki mobil. Pastikan cabut charger setelah selesai mengisi daya agar aki mobil tidak tekor.

5. Jaga Kebersihan Port Charger

Debu dan kotoran yang menumpuk di port charger bisa mengganggu proses pengisian daya. Bersihkan port charger secara berkala untuk memastikan koneksi yang baik antara charger dan ponsel.

Pilihan Editor: Mario Aji Jatuh Lagi di Moto2 Austria, Bagaimana Kondisinya?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi