Thailand Diminta Jadi Seri Pembuka MotoGP 2025, Sirkuit Mandalika Ke-2
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 20 Agustus 2024 18:00 WIB
Jorge Martin di MotoGP Thailand 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kalender MotoGP 2024 memang belum rampung, namun baru-baru ini berhembus kabar musim 2025 akan memindahkan seri pembuka ke Thailand. Sebelumnya, seri perdana MotoGP kerap digelar di Qatar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari GPOne, Disela-sela gelaran MotoGP Austria 2024, para manager tim diajak berdiskusi oleh Dorna tentang keluhan mereka selama penyelenggaraan balap musim ini.

Menurut laporannya, tak sedikit tim balap menyampaikan keluhannya kepada jadwal balap di akhir musim ini. Mereka menyebut para pembalap harus melakoni jadwal yang ketat di seri ke-14 Misano (Italia), ke-15 Sirkuit Mandalika (Indonesia), dan ke-16 Motegi (Jepang).

Dua pekan setelah Jepang, mereka harus langsung melakoni seri ke-17 di Phillip Island (Australia), seri ke-18 di Buriram (Thailand), dan seri ke-19 di Sepang (Malaysia).

"Para tim meminta untuk jadwal yang berdekatan itu dipecah dan mereka akan puas (jika itu terjadi)," tulis GPOne.

Sementara itu, Sirkuit Losail di Qatar tengah direnovasi. Kondisi ini membuat Qatar diragukan untuk menggelar seri pembuka MotoGP 2025.

"Sesuai dengan apa yang GPOne pelajari, kejuaraan dunia MotoGP tahun depan tidak akan dibuka di Qatar sesuai tradisinya (pengecualian di 2023, saat trek Losail tak dapat menggelar karena sedang renovasi) melainkan akan dibuka di Thailand. Buriram akan menjadi sirkuit tempat inaugurasi musim 2025," tulis GPOne

Di sisi lain, memulai musim depan di Buriram sejatinya jadi alur yang lebih pas. Sebab para pembalap umumnya harus menjalani tes pramusim di Malaysia dan Thailand.

"Setelah seri pembuka di Thailand, kemungkinan besar seri berikutnya akan digelar di Lombok, Indonesia, dan akan berlanjut ke Qatar. Seri American (Austin dan Argentina) akan menjadi lanjutannya di awal musim, sebelum MotoGP melanjutkan balap di Eropa saat musim semi dan panas," tulis GPOne.

Pilihan Editor: Mario Aji Jatuh Lagi di Moto2 Austria, Bagaimana Kondisinya?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi