Mercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport, Perayaan 130 Tahun Ikut Balapan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 21 Agustus 2024 19:00 WIB
Mercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport gunakan bodykit lebih menuntut aerodinamika. (Foto: Mercedes-AMG)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport diperkenalkan di Pebble Beach Automotive Week 2024, 18 Agustus. Mengusung tema "Racing Legend Remastered”, brand spesialis modifikasi asal Affalterbach ini mengabarkan hanya membuat 13 unit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Unit tersebut merupakan versi Mercedes-AMG GT3 terakhir yang ditenagai oleh mesin naturally aspirated. 

Mercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport tidak tunduk pada batasan homologasi balap. Karena alasan ini, mesin V8 AMG 6,3 liter naturally aspirated yang legendaris telah dioptimalkan lebih lanjut. 

Mercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport mendapat penanganan lebih agar mobil bisa melaju lebih dari 315 kpj. (foto: Mercedes-AMG)

AMG mengembangkan output puncak sebesar 680 hp pada 7.250 rpm dan torsi 730 Nm pada 5.250 rpm, ditambah downforce hingga 15 persen dibandingkan dengan model dasar GT3.

Untuk mencapai hal ini, splitter depan dan saluran udara (louvre) di sayap depan didesain ulang. Perubahan pada side skirt, underfloor, dan diffuser belakang juga meningkatkan downforce. 

Mercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport gunakan kabin klasik. (Foto: Mercedes-AMG)

Sayap belakang yang lebih lebar juga membantu mengoptimalkan keseimbangan aero. Drag Reduction System (DRS), yang terinspirasi oleh Formula 1® dan Kelas 1 DTM, adalah fitur baru dan utama. Dengan satu sentuhan tombol pada roda kemudi, elemen utama sayap belakang bergerak ke posisi datar dan hambatan berkurang. 

Untuk menjaga keseimbangan aerodinamis, elemen aktif di lantai depan diperpanjang pada saat yang sama. Berkat teknologi ini, kecepatan tertinggi lebih dari 315 kilometer per jam dapat dicapai meskipun tingkat downforce pada dasarnya tinggi.

Kabin Mercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport. (Foto: Mercedes-AMG)

Tenaga disalurkan melalui transmisi balap enam percepatan berurutan dengan rasio gigi yang dimodifikasi. Seperti halnya semua mobil balap Mercedes-AMG, transmisi transaxle dipasang pada as roda belakang.

Barang koleksi ini menawarkan semua atribut keselamatan yang telah terbukti dari Mercedes-AMG GT3 - sel pengaman serat karbon yang terhubung ke sasis, sabuk pengaman lima titik, jaring pengaman, roll cage baja, sistem pemadam kebakaran, tangki pengaman, dan pintu darurat. Peralatan yang lengkap juga mencakup ABS balap yang efektif dan sistem kontrol traksi yang dapat disetel. 

Mercedes-AMG GT3 Edition 130Y Motorsport merayakan edisi 130 tahun ikut balapan. (Foto: Mercedes-AMG)

Pilihan Editor: Mercedes-Maybach SL 680 Monogram Series, Perpaduan Unik Mobil Mewah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi