Hyundai Grup Tempel Tesla dalam Penjualan Mobil Listrik di AS
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 22 Agustus 2024 08:00 WIB
Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 jadi kendaraan VIP di World Water Forum 2024. (Dok HMID)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hyundai Motor Group yang terdiri dari merek Hyundai, Kia, dan Genesis, berhasil mencatatkan penjualan mobil listrik yang apik di Amerika Serikat. Bahkan, Hyundai Group berhasil menempati posisi kedua penjualan kendaraan listrik di AS, tepat di bawah Tesla yang berada di puncak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman Carscoops hari ini, Kamis, 22 Agustus 2024, Hyundai Group menguasai 10 persen pangsa pasar mobil listrik di AS pada Juli. Hyundai Group mengalahkan Ford dengan pangsa pasar 7,4 persen dan General Motors dengan pangsa pasar 6,3 persen, sementara masih kalah dari Tesla yang memiliki pangsa pasar 50 persen lebih.

Pencapaian ini sangat penting mengingat EV Hyundai saat ini tidak memenuhi syarat untuk kredit pajak EV federal sebesar $ 7.500.

Demi mengimbangi kurangnya produksi dan insentif lokal, Hyundai dan Kia memberikan kredit penuh sebesar $ 7.500 kepada siapa pun yang memilih untuk menyewa salah satu kendaraan listriknya, ketimbang membelinya.

Hyundai menetapkan tarif sewa kendaraan listriknya adalah 60 persen. Sementara itu, untuk sewa kendaraan listrik Kia berkisar 60 persen sampai 70 persen.

Investasi besar akan membantu Hyundai Group untuk terus meningkatkan penjualannya. Pembangunan kompleks kendaraan listrik dan baterai Metaplant di Georgia sedang berlangsung dan fasilitas tersebut akan mulai beroperasi pada Oktober 2024.

Fasilitas tersebut akan memiliki kapasitas tahunan sebesar 300.000  kendaraan, dan bisa diperluas hingga 500.000 unit. Fasilitas baterai khusus juga sedang dalam pengerjaan melalui usaha patungan dengan LG Energy Solution dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2025.

Bukan hanya fokus pada BEV, penjualan mobil hybrid dan plug-in hybrid Hyundai juga melonjak 25 persen tahun ini hingga Juli. Anehnya, penjualan hybrid Kia turun 21 persen selama tujuh bulan pertama tahun ini.

Pilihan Editor: Thailand Diminta Jadi Seri Pembuka MotoGP 2025, Sirkuit Mandalika Ke-2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi