3 Cara Daftar QR Code untuk Beli Pertalite dan Solar Bersubsidi
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 23 Agustus 2024 19:00 WIB
Petugas menunjukkan cara mendaftar di website sebelum membeli BBM bersubsidi di SPBU Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Jumat 1 Juli 2022. Pertamina menyosialisasikan mekanisme baru pembelian BBM bersubsidi dalam upaya memastikan penyaluran tepat sasaran, yakni dengan mendaftar melalui website subsidi.tepat.mypertamina.id khusus untuk kendaraan roda empat. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembelian bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar mulai dibatasi. Masyarakat diwajibkan menggunakan QR code atau barcode untuk membeli Pertalite dan solar bersubsidi di SPBU.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi yang ingin menggunakan Pertalite dan Solar bersubsidi ini perlu mendaftar dan membuat QR code atau barcode terlebih dahulu dari Pertamina.

Sebelum mendaftar, terdapat persyaratan harus dilengkapi sebelum mendaftar dan mendapatkan QR code untuk pembelian BBM bersubsidi. Berikut sejumlah syarat yang diperlukan:

- Foto KTP- Foto STNK bagian depan dan belakang- Foto kendaraan tampak depan dan sisi- Foto nomor polisi kendaraan-Pas foto- Foto KIR (berkas Uji Kendaraan Bermotor (KIR))- Foto surat rekomendasi dari dinas terkait (untuk non-kendaraan).

Setelah persyaratan lengkap, QR code Pertamina dapat dibuat secara online melalui aplikasi MyPertamina dan website Subsidi Tepat MyPertamina. Berikut langkah-langkahnya:

1. Melalui Aplikasi MyPertamina

- Unduh dan instal aplikasi- MyPertamina di ponsel- Daftar akun dengan memasukkan nomor HP dan membuat PIN- Pilih menu Daftar dan Transaksi- Lakukan pendaftaran dengan mengisi data diri dan pilih Daftar- OTP akan dikirim ke nomor telepon yang telah terdaftar dan masukkan kode tersebut- Pilih metode pendaftaran pada akun- Lengkapi data diri di aplikasi MyPertamina- QR code akan didapatkan dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

2. Melalui Website Subsidi Tepat My Pertamina

- Akses situs subsiditepat.mypertamina.id di browser- Pilih Daftar Akun Baru di sisi kiri- Centang kotak Menyetujui Persyaratan lalu klik Daftar Sekarang- Klik tombol "Daftar Sekarang"- Masukkan nama lengkap, NIK, nomor HP, dan email- Buat kata sandi dan masukkan ulang kata sandi tersebut, lalu klik Buat Akun- Centang kotak Konfirmasi Data dan klik Buat Akun- Aktivasi email dan login akun untuk lanjut daftar dan membuat QR Code- Lengkapi data diri dan unggah seluruh foto persyaratan- Centang kotak Konfirmasi Privasi Data dan klik Daftar Pengguna BBM Subsidi- Tunggu proses verifikasi data selama 7 hari kerja- Unduh QR code dan simpan untuk transaksi di SPBU Pertamina.

Selain secara online, pendaftaran QR code juga bisa dibuat secara offline lewat booth di beberapa SPBU Pertamina terpilih dan sales area di 13 wilayah. Detail lokasi dapat dilihat di situs mypertamina.id atau Instagram resminya @mypertamina. Berikut cara daftar dan bikin kode QR Pertamina secara offline:

- Siapkan dokumen persyaratan- Datangi lokasi SPBU atau sales area terpilih- Sampaikan maksud kunjungan kepada petugas- Petugas akan membantu proses pendaftaran dan pembuatan QR code.

Pilihan Editor: Thailand Diminta Jadi Seri Pembuka MotoGP 2025, Sirkuit Mandalika Ke-2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi