Lexus Recall 4 Model di Indonesia, Ditemukan Masalah Kamera
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 24 Agustus 2024 12:00 WIB
Lexus Indonesia resmi meluncurkan LBX pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2024. All New Lexus LBX dipasarkan dengan harga Rp 895 juta untuk tipe Luxury dan Rp 899 juta untuk tipe Sport. Sementara, untuk harga tipe Bespoke menyesuaikan dengan permintaan dari konsumen. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk beberapa model Lexus yang dipasarkan di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengimbau para pemilik model Lexus keluaran Desember 2022 hingga Agustus 2023 untuk mendatangi bengkel resmi terdekat.

Recall itu sendiri merupakan arahan dari prinsipal global untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian kamera depan (front view camera) dan kamera belakang (rear view camera) di kendaraan milik pelanggan.

"Workshop Lexus akan melakukan pemeriksaan front view camera dan rear view camera di kendaraan pelanggan dan selanjutnya melakukan penggantian kalau dibutuhkan dengan parts baru tanpa ada biaya apapun," ujar Henry dalam keterangan resmi, dikutip Kamis, Jumat, 23 Agustus 2024.

Henry mengakui, adanya proses pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera di supplier pada periode produksi tertentu, ada kemungkinan wadah kamera dapat terlepas apabila terkena tekanan eksternal dari waktu ke waktu sehingga memungkinkan air bocor ke dalam kamera.

Jika keadaan ini terjadi dan tidak segera diperbaiki, sirkuit di dalam kamera dapat mengalami korsleting yang menyebabkan ketidakmampuan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

Alhasil, Lexus ES, LS, NX, dan RX periode tahun produksi Desember 2022-Agustus 2023, diminta agar dapat mendatangi bengkel resmi Toyota atau Lexus.  

Nantinya, para pemilik kendaraan yang terlibat akan menerima pemberitahuan melalui surat dan dapat menghubungi bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk booking jadwal pemeriksaan.

Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam proses perbaikan front view camera dan rear view camera, untuk tahap pemeriksanan, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam.

Jika diperlukan penggantian parts, maka akan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 4 jam untuk menyelesaikannya, tergantung model kendaraan.

"Karena itu, Lexus mengimbau kepada pemilik kendaraan untuk menyediakan waktu yang cukup agar semua proses dapat berlangsung dengan lancar," pungkas dia.

Pilihan Editor: Thailand Diminta Jadi Seri Pembuka MotoGP 2025, Sirkuit Mandalika Ke-2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi