Begini Tips Mudah Merawat Lampu Kabin Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 24 Agustus 2024 17:00 WIB
PT Chery Sales Indonesia memamerkan mobil terbarunya, Omoda 5 dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 20 Februari 2023. Di area kabin, Omoda 5 hadirkan teknologi terdepan, tampilan visual yang estetis dan ergonomis. Hal ini tampak pada lampu ambient LED multi-warna yang dapat terhubung dengan mode mengemudi dan irama musik, menghadirkan suasana berkendara yang seru dan berbeda. TEMPO/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Lampu kabin mobil bisa mengalami kerusakan akibat berbagai faktor, mulai dari kerusakan sakelar, kabel putus, atau kualitas bola lampu yang memang sudah menurun. Pemilik mobil perlu mengecek sumber kerusakan untuk bisa mengatasi masalah matinya lampu kabin mobil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Demi mengatasi lampu kabin yang rusak ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, mulai dari mengecek konektor dan kabel, memeriksa dan mengganti bola lampu, melihat kondisi sakelar dan fuse, serta mengontrol fuse dalam sistem kelistrikan.

Kemudian, bisa juga mengecek sistem penguncian pintu, mengamati sistem kelistrikan secara keseluruhan, serta memperbaiki soket lampu yang mungkin longgar.

Demi menghindari kerusakan ini, pemilik mobil perlu melakukan perawatan terhadap lampu kabin mobil ini. Cara-caranya pun terbilang mudah dan sederhana.

Berikut tips merawat lampu kabin mobil, dilansir dari laman Suzuki Indonesia hari ini, Sabtu, 24 Agustus 2024:

1. Melindungi Lampu dari Air

Lampu kabin ini terhubung langsung ke sistem kelistrikan mobil. Bila terkena air, maka risiko yang terjadi adalah terjadi korsleting hingga kerusakan. Oleh sebab itu, hindari lampu dari cipratan air.

2. Jangan Biarkan Lampu Terus Menyala

Tidak disarankan menyalakan lampu kabin secara terus-menerus. Ini akan memengaruhi aki mobil sehingga berisiko aki cepat habis, terutama bila daya mobil tidak sesuai dengan kebutuhan listrik untuk lampu kabin.

Pilihan Editor: Thailand Diminta Jadi Seri Pembuka MotoGP 2025, Sirkuit Mandalika Ke-2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi