Tips Mengganti Oli Mobil dan Motor, Jangan Asal Pilih Pelumas!
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 24 Agustus 2024 13:33 WIB
Ilustrasi oli mobil Eneos.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Merawat mobil atau motor menjadi salah satu kewajiban bagi setiap pemilik, agar kendaraan tersebut tetap memiliki performa yang prima. Salah satu perawatan mobil atau motor yang penting dilakukan, adalah mengganti oli kendaraan secara rutin. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fungsi oli sendiri sangat penting, yaitu sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen mesin, pembersih sisa hasil pembakaran, peredam panas mesin, anti korosi pada komponen, serta peredam getaran pada komponen.

General Manager PT Nippon Oil Indonesia, produsen dan pemasar produk oli Eneos Imran Razy mengatakan bahwa penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan.

"Mengingat pentingnya fungsi pelumasan di setiap mesin kendaraan, hal itu terkait dengan kinerja dan performa kendaraan itu sendiri," kata dia.

Interval penggantian oli yang dianjurkan adalah setiap 5.000-10.000 km untuk kendaraan mobil dan 3.000-4.000 km untuk kendaraan motor (tergantung pemakaian). Selain rutin ganti oli, penting juga untuk memilih kualitas dan spesifikasi oli. 

Jadi, tidak bisa asal pilih. Jika asal pilih oli, dan ternyata kualitasnya tidak bagus atau tidak sesuai dengan jenis kendaraan, akan menyebabkan kerusakan pada mesin. Tips untuk memilih oli yang tepat adalah menyesuaikan tingkat kekentalan oli dengan masing-masing jenis kendaraan dan pada umumnya sudah direkomendasikan di buku manual kendaraan. 

Khusus mobil keluaran baru, membutuhkan kekentalan yang lebih cair seperti 0W-20 atau 5W-30, sedangkan untuk kendaraan tahun lama, harus lebih kental seperti 20W-50, 10W-40 atau lainnya.

Terlepas dari itu, Eneos menyediakan rangkaian pelumas berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk mobil dan motor pabrikan Jepang di Indonesia. Pelumas ini menghadirkan berbagai pilihan kekentalan, mulai dari kendaraan keluaran tahun lama hingga mobil berteknologi hybrid, turbo, diesel dan bensin. 

Pada tahun ini, Eneos meluncurkan varian produk terbarunya untuk oli mobil, yaitu Eneos X Series yang disempurnakan dengan New Additive Titanium. Aditif Titanium diklaim mampu memberikan perlindungan hingga ke komponen terkecil pada mesin, menjadikan mesin minim getaran sehingga memberikan pengalaman kenyamanan berkendara.

"Oli Eneos yang diproduksi dengan teknologi tinggi serta menggunakan base oil dan aditif pilihan, mampu memenuhi harapan setiap pemilik kendaraan guna memastikan kendaraan yang dipakainya akan memiliki performa terbaik," jelas Imran Razy. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi