Cek Fakta: Ban Motor Kempis Bisa Bikin Boros Bensin
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 26 Agustus 2024 06:26 WIB
Honda PCX 125. (foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Banyak yang bilang kalau ban motor yang kempis atau kurang tekanan angin bisa bikin bensin motor jadi boros. Lantas, apakah benar ban yang kempis ini bisa pengaruhi konsumsi BBM motor?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Wahana Honda pada hari ini, Senin, 26 Agustus 2024, tekanan ban motor sudah ditetapkan berdasarkan tipe motor serta ukuran ban yang digunakan. Namun, masih banyak pengendara yang membiarkan tekanan ban berada di bawah anjuran pabrikan.

Kondisi ban motor yang kurang angin secara terus-menerus akan membuat area ban yang menapak ke aspal semakin besar. Efeknya, kerja mesin untuk menggerakkan motor menjadi lebih berat dan bensin akan terasa lebih boros.

Selain bisa berdampak konsumsi bensin menjadi lebih boros, ban motor kempis juga bisa membuat motor menjadi lebih berat dan sulit ketika diajak bermanuver.

Efek ban kekurangan tekanan angin menyebabkan kompon ban juga bisa cepat habis tidak merata. Jadi selalu pastikan tekanan angin ban motor ada di angka yang disarankan pabrikan.

Jadi kesimpulannya, kondisi ban motor yang kurang tekanan angin atau kempis bisa bikin konsumsi bensin makin boros adalah fakta. Selain itu, ada dampak lainnya juga yang bisa muncul jika membiarkan ban dalam kondisi kurang tekanan angin.

Pilihan Editor: Jangan Panik, Begini 7 Tips Atasi Mobil Overheat

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi