GAC Mulai Produksi Motor Penggerak Listrik 30.000 RPM, Jangkauan Naik 50 Km
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 26 Agustus 2024 10:00 WIB
Komponen motor listrik GAC. (Dok CarNewsChina)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - GAC mengumumkan mulai memproduksi motor penggerak listrik Quark Electric Drive 2.0 dari merek Hyptec. Motor baru ini diklaim memiliki kecepatan tertinggi di dunia hingga 30.000 rpm.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman CarNewsChina hari ini, Senin, 26 Agustus 2024, Quark Electric Drive 2.0 memiliki kepadatan daya motor sebesar 13 kW/kg dan efisiensi motor sebesar 98,5 persen. Motor ini menggunakan bahan khusus magnet lunak amorf, yang dikenal sebagai logam cair karena memiliki permeabilitas 20-100 kali lipat dari lembaran baja biasa.

Hal tersebut memberikan motor penggerak efisiennsi keseluruhan yang mendekati superkonduktivitas suhu ruangan yang memainkan peran penting dalam meningkatkan parameter motor. Artinya, motor dapat menambah jarak tempuh hingga 50 km untuk kendaraan listrik tanpa harus menambah ukuran baterai.

Sementara itu, pada kendaraan EREV, motor penggerak ini bisa menambah jarak tempuh hingga 150 km. Ini juga setara dengan memberikan jarak tempuh yang sama pada mobil berpenggerak semua roda. GAC mengklaim bahwa teknologi ini berpotensi menghemat 90 miliar kWh listrik per tahun.

Quark Electric Drive 2.0 akan segera dipasang pada model Hyptec. Awal bulan ini, merek tersebut juga  meluncurkan generasi baru sasis digital pintar. Sasis ini memiliki radius putar minimum 3,4 meter, yang berarti pengurangan 40 persen dalam radius putar minimum.

Pilihan Editor: Lando Norris Pole di F1 Belanda, Lewis Hamilton Terlempar dari 10 Besar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi