Toyota Yakin Pilkada 2024 Tak Ganggu Penjualan Mobilnya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 26 Agustus 2024 18:00 WIB
Logo Toyota. REUTERS/Mike Blake
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bakal segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Momen itu disebut bakal menjadi batu sandungan untuk penjualan mobil di semester dua ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski begitu, After Sales Support Dept Head Auto2000 Yusuf Bahtiar percaya penjualan mobil, khususnya Toyota, akan berjalan seperti biasanya.

“Kalau penjualan rasanya memang akan ada dampak. Namun untuk otomotif tidak hanya single factor, namun kondisi pasar juga cukup menantang," ujar dia di Bekasi, Minggu, 25 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Yusuf menjelaskan ada beberapa penyebab membuat penjualan mobil lesu tahun ini. Salah satunya adalah kondisi ekonomi Indonesia yang melemah.

Hal tersebut membuat konsumen enggan membeli kendaraan roda empat baru dalam beberapa bulan terakhir. Otomatis sektor otomotif kurang bergairah di tahun ini.

Kendati demikian, Yusuf berharap kalau penjualan mobil di Tanah Air bisa terus bertumbuh. Selain itu, lanjut dia, Pilkada serentak tidak membawa dampak terlalu banyak.

"Kemarin sempat gonjang-ganjing karena faktor global dampaknya juga demand ke Indonesia. Demand di ekonomi kita juga rasanya challenging jadi rasanya bukan satu faktor karena Pemilu juga sih menurut saya," sambung dia.

Hal senada turut dilontarkan oleh Jaka Kardana, Sales Program and Marcom Dept Head Auto2000. Dia ingin penjualan mobil di semester dua dapat menunjukkan hasil positif.

“Memang di semester dua ini bisa terus tumbuh. Sebab jika dilihat dalam dua bulan terakhir penjualan cukup baik,” tutur Jaka.

Jaka pun mengatakan kalau Auto2000 sudah berhasil meniagakan mobil sebanyak 66 ribu unit sepanjang Januari sampai Juli 2024.

Diketahui sebelumnya, Sekretaris Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) Kukuh Kumara berharap besar Pilkada tidak membawa dampak negatif. Ia berharap penjualan mobil bisa terus menunjukan hasil positif, tidak lagi lesu seperti terjadi saat semester satu tahun ini.

“Kalau Pilkada kan sifatnya lokal, jadi mudah-mudahan tidak terlalu ada dampak (ke pasar kendaraan roda empat),” ucap Kukuh.

Pilihan Editor: Lando Norris Pole di F1 Belanda, Lewis Hamilton Terlempar dari 10 Besar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi