Jakarta-Semarang Pakai Toyota Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV, Simak Konsumsi BBM-nya
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 27 Agustus 2024 07:00 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Tipe Q TSS, 19 Desember 2022. (TAM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar Toyota Eco Journey – JTD Electrification Line Up 2024 dengan berbagai pilihan kendaraan elektrifikasi (xEV). Agenda test drive mobil hybrid Toyota ini dimulai dari Jakarta menuju Semarang, Solo, dan finis di Yogyakarta, Senin-Rabu, 26-28 Agustus 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota menyiapkan 12 unit Hybrid Electric Vehicle (HEV) bersama 1 unit Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Model itu di antaranya adalah Terdiri atas 4 unit All New Yaris Cross HEV, 3 unit All New Kijang Innova Zenix Q HEV, 1 unit All New Kijang Innova Zenix V HEV, 1 unit All New Alphard HEV, 1 unit All New Vellfire HEV, 1 unit All New RAV4 GR Sport PHEV, dan 1 unit All New Prius HEV.

“HEV Toyota dapat diterima dengan baik karena sesuai ekosistem, ketersediaan infrastruktur, dan kebiasaan berkendara masyarakat. Posisi All New Kijang Innova Zenix HEV sebagai pemuncak sales kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” kata Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy.

Hybrid EV Toyota kian populer salah satunya berkat efisiensi hybrid engine yang tinggi. Mode EV yang didukung baterai hybrid berkapasitas besar dengan pengisian cepat, menambah pengalaman berkendara bebas emisi lebih jauh lagi.

Selama perjalanan, kami menjajal Kijang Innova Zenix Hybrid dari Jakarta ke Cirebon. Selama perjalanan, konsumsi BBM sebesar 16,9 km/liter.

Toyota Hybrid System (THS) versi terbaru dapat menjaga efisiensi mesin dengan baik. Salah satu yang paling signifikan adalah ruang kabin yang ekstra lapang dan nyaman. 

Rigiditas bodi meningkat, sehingga mengurangi berat mobil, serta mereduksi noise di kabin, sebagai upaya memperkuat kestabilan dan kenyamanan mobilitas. Sistem suspensi MacPherson strut di depan dan semi-independent torsion beam di belakang mampu meredam guncangan jalan dengan halus

Lalu pada perjalanan Cirebon-Semarang, kami mencoba Yaris Cross Hybrid. Model tersebut memiliki konsumsi BBM 15 km/liter.

Bermodalkan postur tubuh yang kompak, kegesitan All New Yaris Cross HEV cukup terasa di rute yang padat. Model ini mampu menjaga efisiensi di level paling optimal berkat penggunaan hybrid engine 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 121 Nm, bersama motor listrik bertenaga 59 kW dan torsi 141 Nm yang disalurkan via transmisi CVT.

Pilihan Editor: Lando Norris Pole di F1 Belanda, Lewis Hamilton Terlempar dari 10 Besar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi