Motor Dinas Pemerintah Bakal Dikonversi Jadi Motor Listrik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 28 Agustus 2024 11:00 WIB
Mahasiswa memprogram mesin motor konversi listrik di bengkel motor listrik Institut Teknologi PLN (ITPLN), Jakarta, Rabu 22 Mei 2024. Bengkel tersebut menjadi pusat pengembangan dan penelitian mahasiswa jurusan teknik elektro dan teknik mesin ITPLN yang juga melayani konversi motor bagi masyarakat umum dengan biaya Rp15 sampai Rp17 juta per unit. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong agar motor dinas pemerintahan dikonversi menjadi motor listrik. Langkah ini dilakukan dengan pelatihan dan sertifikasi untuk menunjang green jobs.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami dengan perusahaan otomotif sudah bekerja sama, antara lain dengan PT Toyota Motor. Sudah kami audit di industri," kata Widyaiswara Ahli Madya Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Ahmad Khulaemi, dikutip Tempo.co.

Menurut Ahmad, Kementerian ESDM akan mendukung dengan pelatihan dan sertifikasi, serta mendaftarkan bengkel-bengkel yang diizinkan untuk mengonversi kendaraan BBM ke listrik. Selain itu, dia mengatakan bahwa pemerintah juga memberikan insentif bagi masyarakat yang ingin melakukan konversi.

Dalam pelatihan konversi motor listrik ini, Kementerian ESDM akan memberikan sejumlah materi, mulai dari meregulasi dan mengizinkan konversi motor BBM menjadi listrik, teori kelistrikan motor, pemeriksaan dan pengujian fisik motor BBM, serta pengujian torsi maksimum, konsumsi BBM, dan emisi.

Kementerian ESDM melalui bengkel-bengkel konversi juga akan melatih penurunan mesin motor, rancang bangun transmisi dan sistem kelistrikan, serta pemasangan peralatan motor listrik. Selain itu, ada juga kontrol kualitas motor hasil konversi dan praktikum.

"Kondisi di lapangan ya, di bengkel-bengkel kami gunakan pelat merah dulu. Pemerintah sudah melakukan inisiasi dari BBM menjadi listrik. Kemudian diaudit kendaraan dinasnya akan dikonversi yang motor menjadi listrik, yang mobil menggunakan kendaraan baterai," ucap Ahmad memungkasi.

Pilihan Editor: Lando Norris Pole di F1 Belanda, Lewis Hamilton Terlempar dari 10 Besar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi