Pemprov NTB Tak Kuat Bayar Hosting Fee MotoGP, Minta Bantuan Pemerintah Pusat
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 29 Agustus 2024 17:00 WIB
Mandalika hadapi MotoGP. Foto: Dokumentasi ITDC.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak menyanggupi pembayaran hosting fee MotoGP 2024 sebesar Rp 213,29 miliar. Pemprov NTB pun meminta pemerintah pusat untuk membantu pembayaran biaya penyelenggaran MotoGP di Mandalika tahun ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Karena anggaran Rp 213,29 miliar itu adalah anggaran yang sangat besar bagi daerah. Kami yakin pusat juga memahami kondisi ini, karena APBD kami dievaluasi juga oleh pemerintah pusat," kata Asisten III Setda Provinsi NTB Wirawan Ahmad, dikutip dari situs berita Antara pada hari ini, Kamis, 29 Agustus 2024.

Menurut Wirawan, dengan APBD yang terbatas ini, jika harus membayar event dengan biaya yang sangat besar, dinilai bisa mengganggu kebijakan pemerintah pusat. 

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi NTB Baiq Isvie Rupaeda mengatakan bahwa kondisi keuangan Pemprov NTB saat ini baru bisa untuk menyelesaikan utang. 

"Insya Allah tahun ini daerah sudah bisa menyelesaikan utang-utangnya, sehingga mungkin tahun depan sudah sedikit agak longgar," ujarnya.

Pengamat ekonomi dari Universitas Mataram (Unram) Muhammad Firmansyah meminta agar pemerintah tidak lepas tangan terkait persoalan hosting fee penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Dia menilai jumlah tersebut tidak kecil, namun MotoGP juga harus bisa berjalan.

"Hosting fee dapat dibayar lewat kolaborasi pemerintah pusat dan pemda, juga lembaga bisnis lain, termasuk PT ITDC. Perlu semua pihak legowo untuk ini," kata Firmansyah.

Jika hosting fee ini tidak dibayarkan, menurut Firmansyah akan ada berbagai konsekuensi yang harus ditanggung. Misalnya, harus membayar penalti yang nilainya ratusan miliar Rupiah hingga menyangkut keberlanjutan MotoGP Mandalika di masa depan.

"ITDC tentu saja perlu memutar otak, bagaimana dapatkan hosting fee di waktu yang mepet begini. Bila tidak dibayar, dapat charge dari pihak Dorna 75 persen dari hosting fee, maka bayar ratusan miliar Rupiah juga akhirnya," ucapnya.

Pilihan Editor: Fadillah Aditama Dapat Jatah Wildcard di Moto3 Aragon 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi