Menyalip Kendaraan di Jalan Tak Bisa Sembarangan, Ini Faktor yang Harus Diperhatikan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 2 September 2024 07:00 WIB
Mercedes-Benz Automatic Lane Change secara otomatis mobil melaju dan menyalip kendaraan di depan yang melaju pelan. (Foto: Mercedes-Benz)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dalam berkendara di jalan raya, kerap kali kita harus mendahului kendaraan lain agar bisa lebih cepat sampai tujuan. Namun dalam menyalip kendaraan ini tidak bisa sembarangan, ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani mengatakan bahwa pengendara harus tetap sabar dalam segala kondisi dan tidak dianjurkan mendahului secara asal karena dapat berakibat kecelakaan.

"Ada faktor teknis dan non-teknis yang harus selalu diperhatikan. Ini wajib diperhatikan khususnya para pengguna motor, untuk menghindari berbagai kendala dan kemungkinan buruk yang akan terjadi di jalan," kata Agus, dikutip dari laman Wahana Honda pada hari ini, Senin, 2 September 2024.

Berikut rincian faktor teknis dan non-teknis yang perlu diperhatikan saat menyalip kendaraan di jalan:

Faktor Teknis

  1. Pastikan saat mendahului gunakan lampu sein untuk penanda bagi pengendara yang persis berada di belakang kita. Jangan langsung memotong jalur.
  2. Pastikan kondisi jalur, jangan paksakan jika terlalu sempit, biasanya kondisi terjadi pada saat jalanan padat.
  3. Jangan abaikan marka, pastikan mendahului kendaraan pada marka jalan terputus-putus, bukan pada marka jalan tidak terputus.

Faktor Non-Teknis

  1. Jangan menyalip saat sedang emosi karena bisa pengaruhi kondisi pengendara yang membuatnya menjadi tidak sabar dan asal serobot. Baiknya menyalip kendaraan pada kondisi yang tenang.
  2. Fokus saat berkendara, perhatikan sekeliling yang ada di jalan dan pandangan harus selalu menghadap ke depan, sembari sesekali memperhatikan sebelah kiri atau kanan dan cek spion.
  3. Pastikan kondisi fisik tidak lelah, karena kondisi ini kerap kali membuat pengendara terburu-buru sampai ke tempat tujuan. Segeralah menepi dan istirahat sebentar, karena posisi lelah bisa berakibat pada hilangnya fokus berkendara.

Pilihan Editor: Marc Marquez Pole di MotoGP Aragon, Dibuntuti Pedro Acosta dan Bagnaia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi