Minat Beli Mobil Listrik, Tanyakan Soal Ini Terlebih Dahulu
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 2 September 2024 10:00 WIB
Charger mobil listrik BYD. (Foto: BYD Indonesia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Bagi masyarakat yang berminat untuk membeli mobil listrik, ada hal yang perlu dipertanyakan terlebih dahulu. Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengungkapkan hal yang harus ditanyakan itu adalah baterai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Pastikan untuk mengetahui kapasitas baterai, jarak tempuh yang bisa dicapai dalam sekali pengisian daya, jenis konektor charging yang digunakan, serta apakah mobil tersebut hanya mendukung slow charging atau juga dilengkapi fitur fast charging," kata Yannes, dikutip dari Antara hari ini, Senin, 2 September 2024.

Selain itu, calon konsumen juga harus mengetahui waktu pengisian daya yang dibutuhkan mobil listrik tersebut. Kemudian, pastikan juga calon konsumen mengetahui kebutuhan dan apa saja fitur yang ditawarkan di mobil listrik tersebut.

Selanjutnya, calon konsumen juga wajib menanyakan perihal garansi kendaraan, khususnya untuk baterai dan komponen lainnya.

"Pastikan juga untuk mengetahui lokasi dan ketersediaan jaringan layanan purna jual, sehingga perawatan dan perbaikan mobil listrik bisa dilakukan dengan mudah," ujar Yannes.

Lalu, soal pembiayaan, disarankan konsumen menanyakan soal program kredit atau leasing yang tersedia, termasuk suku bunga dan persyaratan lainnya. Pastikan konsumen bisa membeli mobil listrik sesuai dengan opsi pembiayaan dan kemampuan finansial masing-masing.

Konsumen juga harus menanyakan rekomendasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sekitar tempat tinggal mereka. Pahami juga soal cara pengisian daya mobil listrik, baik di rumah maupun di SPKLU.

"Tanyakan kepada dealer apakah mereka menyediakan charger yang terintegrasi dengan mobil serta layanan instalasi charger di rumah," ucap Yannes.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Aragon: Marc Marquez Akhirnya Juara, Bagnaia Jatuh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi