Jangan Salah Kaprah, Ini Perbedaan antara Modifikasi dan Custom Kendaraan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 2 September 2024 13:00 WIB
Mobil modifikasi di IMX. (Foto: IMX)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Istilah modifikasi dan custom kendaraan mungkin kerap kali didengar di dunia otomotif. Namun tahukah Anda, kedua istilah tersebut ternyata memiliki arti yang berbeda dan juga berbeda dari beberapa faktor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Suzuki Indonesia hari ini, Senin, 2 September 2024, custom merupakan penyesuaian atau perubahan yang disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan tertentu. Custom mengacu pada perubahan yang dilakukan kendaraan standar pabrikan untuk menciptakan desain yang unik dan personal, sesuai dengan imajinasi dan karakter pemiliknya.

Sementara itu, modifikasi mengacu pada perubahan yang dilakukan pada bagian tertentu dari kendaraan tanpa mengganti atau merombak total desain aslinya. Modifikasi biasanya melibatkan penggantian atau penambahan komponen aftermarket.

Selain itu, ada sejumlah perbedaan lain antara modifikasi dan custom kendaraan. Berikut penjelasannya:

1. Skala Perubahan

Custom melibatkan perubahan besar-besaran yang mencakup hampir seluruh bagian kendaraan. Sementara, modifikasi biasanya hanya melibatkan penggantian atau penambahan beberapa komponen tertentu.

2. Kreativitas dan Desain

Custom adalah tentang menciptakan sesuatu yang benar-benar baru dan unik, biasanya berdasarkan imajinasi pemiliknya. Sebaliknya, modifikasi lebih fokus pada peningkatan atau penyesuaian beberapa aspek kendaraan untuk tujuan estetika atau fungsionalitas, tanpa mengubah keseluruhan desain asli.

3. Biaya dan Waktu

Proses custom biasanya lebih mahal dan memakan waktu lebih lama karena melibatkan banyak pengerjaan manual dan pembuatan komponen dari nol. Sementara itu, modifikasi biayanya lebih terjangkau dan cepat dilakukan karena menggunakan komponen yang sudah tersedia di pasaran.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Aragon: Marc Marquez Akhirnya Juara, Bagnaia Jatuh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi