Tak Perlu Panik saat Motor Matik Tidak Bisa Distarter, Cek Bagian Ini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 2 September 2024 14:00 WIB
Panel starter sepeda motor. Sumber: suzuki.co.id
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Para pemilik motor matik mungkin pernah mengalami kondisi tidak bisa distarter. Jika menghadapi kondisi seperti ini, Anda tidak perlu panik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Suzuki Indonesia hari ini, Senin, 2 September 2024, motor matik tidak bisa distarter disebabkan beberapa faktor, seperti aki tekor atau rusak, masalah pada starter motor, kerusakan sistem pengapian, hingga masalah sistem bahan bakar.

Jika mengalami kondisi motor matik tidak bisa distarter, ada beberapa bagian yang harus dicek. Berikut detailnya:

1. Periksa Aki

Periksa aki menggunakan multimeter untuk mengetahui tegangannya. Aki yang sehat biasanya memiliki tegangan di atas 12 volt.

Anda juga bisa memberishkan terminal aki dari kotoran atau korosi untuk memastikan koneksi yang baik. Jika aki tekor, coba gunakan jump starter untuk menyalakan motor.

2. Cek Starter Motor

Periksa kondisi kabel dan terminal starter motor untuk memastikan tidak ada kerusakan. Bisa juga ketuk perlahan bagian starter motor menggunakan benda padat. 

3. Cek Sistem Pengapian

Lepas dan periksa kondisi busi. Busi yang kotor, aus, atau basah bisa menyebabkan masalah starter. Bersihkan atau ganti busi jika diperlukan.

4. Periksa Sistem Bahan Bakar

Jika motor matik tetap sulit distarter, periksa filter bensin. Filter bensin yang tersumbat bisa menghambat aliran bahan bakar. Ganti filter bensin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Aragon: Marc Marquez Akhirnya Juara, Bagnaia Jatuh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi