Paus Fransiskus Naik Kijang Innova Zenix di Indonesia, Begini Respons Toyota
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 4 September 2024 08:00 WIB
Paus Fransiskus saat melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, 3 September 2024. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024. Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, menariknya, Paus menaiki mobil Toyota Kijang Innova Zenix untuk mengantarkannya ke Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menanggapi mobilnya digunakan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Toyota Indonesia mengaku bangga. Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya menghargai keputusan Paus Fransiskus menggunakan Kijang Innova Zenix selama kunjungannya di Indonesia.

"Ini menjadi rasa bangga tersendiri, baik bagi kami maupun warga Indonesia, karena mobil produksi Indonesia dapat digunakan oleh beliau untuk keperluan mobilitas saat berkunjung ke Indonesia," kata Anton, dikutip dari Antara hari ini, Rabu, 4 September 2024.

Dengan demikian, Anton mengatakan bahwa Kijang Innova Zenix berarti diakui sebagai kendaraan yang dapat diandalkan dalam berbagai kebutuhan, termasuk untuk keperluan kenegaraan yang penting.

Anton juga menuturkan bahwa Innova Zenix ini merupakan mobil produksi lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) lebih dari 80 persen.

"Untuk detail terkait mobilnya, ini diurus langsung oleh protokoler pemerintah. Kami tidak dilibatkan sama sekali dalam penyiapan kendaraan tersebut," ucap Anton.

Paus Fransiskus menaiki Toyota Kijang Innova Zenix dengan duduk di kursi penumpang depan.

Innova Zenix yang digunakan menggunakan pelat nomor SCV 1 yang merupakan akronim dari Status Civitatis Vaticanae, yang artinya Negara Bagian Kota Vatikan. Sementara angka satu merujuk pada orang nomor satu di negara itu, yakni Paus Fransiskus.

Pilihan Editor: Mario Aji Raih Poin Ke-3 di Moto2 Aragon 2024, Sejarah Baru Tercipta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi