Ford Recall 90 Ribu Unit Mobil karena Masalah Katup Mesin
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 4 September 2024 12:00 WIB
Ford Bronco ditampilkan di New York International Auto Show, di Manhattan, New York City, AS, 5 April 2023. REUTERS/David 'Dee' Delgado
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ford melakukan penarikan kembali atau recall sebanyak 90.736 unit untuk pasar Amerika Serikat (AS).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Reuters, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menjelaskan penyebab recall itu karena ditemukan masalah katup mesin pada kendaraan yang mungkin berpotensi alami kerusakan.

Penarikan kembali ini berdampak pada sejumlah model produksi 2021-2022 seperti Bronco, F-150, Edge, dan Explorer. Model dari brand Lincoln juga terkena dampak, mencakup Nautilus dan Aviator yang dilengkapi mesin Nano EcoBoost 2,7 liter atau 3,0 liter.

Sebagai upaya menanggulangi masalah tersebut, Ford mengimbau kepada pemilik kendaraan yang terdampak untuk membawa mobilnya ke dealer dan melakukan tes siklus mesin dan menggantinya bila diperlukan. Semua perbaikan dan pengecekan ini dilakukan secara gratis.

Ini merupakan recall terbaru lainnya yang ditemukan oleh Ford setelah sebelumnya menarik kembali sebanyak hampir lebih dari 450.000 unit Bronco Sport dan Maverick pada April lalu.

Menurut NHTSA, pada Oktober lalu ditemukan kedua kendaraan ini rentan mengalami masalah gagal mesin untuk starter atau kehilangan tenaga saat dikendarai, yang kemudian menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan kembali.

Investigasi lebih lanjut menemukan bahwa sebagian besar masalah hilang setelah aki (accu) 12 volt pada kendaraan tersebut diganti. Hal ini kemudian mengarah pada identifikasi penyebab utama dari masalah tersebut.

Diketahui modul kontrol bodi dan powertrain pada kedua kendaraan ini tidak dikalibrasi dengan benar sehingga mengakibatkan perangkat tidak dapat mendeteksi tegangan aki yang rendah.

Dalam situasi di mana alternator tidak menghasilkan daya yang cukup, atau ketika fitur stop-start digunakan, mesin kendaraan bisa mati dan tidak bisa dihidupkan kembali.

Masalah ini juga dapat menyebabkan komponen elektronik lain, seperti lampu hazard tidak berfungsi, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Pilihan Editor: Pertalite Akan Dibatasi Mulai 1 Oktober 2024, Begini Mekanismenya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi