Kijang Innova Zenix Dipakai Paus Fransiskus, Toyota: Tidak Ada Endorsement
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 6 September 2024 06:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat menyambut langsung kedatangan Yang Teramat Mulia Bapa Suci Paus Fransiskus dalam Misa Suci yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis, 5 September 2024. Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Paus Fransiskus menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid selama kunjungannya di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan bahwa tidak ada campur tangan Toyota dalam penggunaan Innova Zenix oleh pemimpin umat Katolik di seluruh dunia itu.

"Itu yang atur panitia semua, pak Jonan (Ignasius Jonan). Enggak ada endorsement, jadi jangan pikir ini lobi Toyota, kami enggak mau ambil keuntungan," kata Bob Azam saat ditemui di Pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Kamis, 5 September 2024.

Bob menuturkan bahwa pihak Toyota Indonesia memang selalu sigap untuk menyediakan mobil bagi acara kenegaraan, misalnya seperti G20 dan sebagainya.

Hanya saja, saat kedatangan Paus Fransiskus ini, dia mengatakan bahwa unitnya tidak disediakan oleh Toyota Indonesia.

"Kalau diminta pemerintah kami siap, tapi yang khusus Zenix ini kami enggak (diminta pemerintah), itu dari kepanitiaan bukan dari kami," ujarnya.

Sebelumnya, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya menghargai keputusan Paus Fransiskus menggunakan Kijang Innova Zenix selama kunjungannya di Indonesia.

"Ini menjadi rasa bangga tersendiri, baik bagi kami maupun warga Indonesia, karena mobil produksi Indonesia dapat digunakan oleh beliau untuk keperluan mobilitas saat berkunjung ke Indonesia," kata Anton, dikutip dari Antara.

Dengan demikian, Anton mengatakan bahwa Kijang Innova Zenix berarti diakui sebagai kendaraan yang dapat diandalkan dalam berbagai kebutuhan, termasuk untuk keperluan kenegaraan yang penting.

Anton juga menuturkan bahwa Innova Zenix ini merupakan mobil produksi lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) lebih dari 80 persen.

"Untuk detail terkait mobilnya, ini diurus langsung oleh protokoler pemerintah. Kami tidak dilibatkan sama sekali dalam penyiapan kendaraan tersebut," ucap Anton.

Paus Fransiskus menaiki Toyota Kijang Innova Zenix dengan duduk di kursi penumpang depan.

Innova Zenix yang digunakan menggunakan pelat nomor SCV 1 yang merupakan akronim dari Status Civitatis Vaticanae, yang artinya Negara Bagian Kota Vatikan. Sementara angka satu merujuk pada orang nomor satu di negara itu, yakni Paus Fransiskus.

Pilihan Editor: Paus Fransiskus Naik Kijang Innova Zenix di Indonesia, Begini Respons Toyota

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi